Beranda Advertorial Kejurnas Dayung Pelajar Cari Atlet Internasional Masa Depan

Kejurnas Dayung Pelajar Cari Atlet Internasional Masa Depan

JAMBI, AksesNews – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung antar Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), PPLPD dan Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) 2019 di selenggaran di Provinsi Jambi. tepatnya di Kawasan Danau Sipin, Kota Jambi.

Dipilihnya Provinsi Jambi oleh Kemenpora RI sebagai tuan rumah karena dinilai memiliki komitmen terhadap kemajuan olahraga dan mampu mencetak atlet dayung berprestasi hingga kanca internasional.

Hal itu dinyatakan Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Raden Isnanta saat membuka Kejurnas ini di Provinsi Jambi, tepatnya di kawasan Danau Sipin Kota Jambi, Rabu (24/07/2019).

“Pemerintah akan terus meningkatkan pembinaan terhadap olahraga dayung agar dapat terus berprestasi,” ujar Raden.

Menurut Raden, Atlet unggulan akan muncul dan tersaring dari 250 juta penduduk Indonesia hanya sekitar 163 yang tersaring. Raden pun juga memotivasi para Atlet agar terus meningkatkan prestasi dan berlatih dengan maksimal guna mencapai prestasi yang lebih besar lagi di tigkat internasional.

“Anda pilihan dari pilihan, ini nanti akan direkrut, jadilah yang terbaik dan silahkan berkompetisi. Lakukan dengan kekuatan penuh supaya menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. dan seperti yang disampaikan oleh Pak Menpora adalah kita harus menuju Asia dan mimpi terindah adalah Olimpiade,” tegas Raden Isnanta.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengatakan Olahraga Dayung merupakan salah satu cabang olahraga prestasi yang selalu dipertandingkan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Perkembangan olahraga dayung di Indonesia yang selalu meningkat setiap tahunnya, salah satu indikatornya iyalah peningkatan prestasi atlet yang mengikuti kejuaraan hingga tingkat intrlernasional.

“Prestasi bukanlah sesuatu yang datang begitu saja, untuk meraih prestasi dibutuhkan kerja keras, disiplin yang tinggi, serta didukung dengan sarana prasarana olahraga yang memadai. Hal ini perlu kerjasama dan Sinergi segenap pengurus Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bersama semesta dan seluruh masyarakat pencinta dayung untuk lebih meningkatkan pembinaan olahraga dayung di kalangan pelajar,” papar Fachrori.

Fachrori berharap melalui Kejurnas dayung ini dapat mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar yang dapat berprestasi lebih baik lagi di tingkat nasional dan menjadi atlet andalan Indonesia di masa yang akan datang.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M.Dianto selaku Ketua panitia mengatakan kegiatan tersebut merupakan pertandingan persahabatan antar provinsi di Indonesia dalam menguji atlet dari masing-masing pelatih berbagai PPLP, PPLPD, dan SKO.

“Kejurnas ini merupakan ajang kompetisi dalam menguji atlet hasil dari didikan pelatih dan pengurus, dari masing-masing PPLP, PPLPD, dan SKO,” pungkas Dianto.

Kejurnas Dayung Pelajar ini diikuti oleh PPLP Aceh 4 atlet, Jambi 12 atlet, DKI Jakarta 8 atlet, Maluku 7 atlet, Kalimantan Selatan 4 atlet , Kalimantan Tengah 13 atlet, Sulawesi Barat 7 atlet, Sulawesi Selatan 8 atlet, Sulawesi Tenggara 9 atlet, Sulawesi Tengah 9 atlet, Papua 6 atlet dan Jawa Timur 4 atlet.

Selanjutnya untuk PPLPD iyalah Kutai Kartanegara 6 atlet, Bogor 4 atlet, Jawa Tengah 3 atlet, Kalimantan Selatan 10 atlet dan Jawa Barat 10 atlet. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi