Beranda Akses Infrastruktur Tanjabbar Butuh Biaya Besar untuk Terapkan Aspal Karet

Infrastruktur Tanjabbar Butuh Biaya Besar untuk Terapkan Aspal Karet

JAMBI, AksesJambi.com – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Amir Sakib menghadiri acara Diseminasi Aspal Karet dari Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkembunan di Hotel BW Luxury Jambi, Senin (24/06/2019).

Dalam acara tersebut, Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan, Edy Sutopo mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi tengah mengkaji pemanfaatan karet yang lebih besar dalam pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi.

Pengkajian pemanfaatan karet tersebut melalui uji coba aspal karet. Dari aspal karet ini, Edy berharap mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya petani karet.

“Semoga dapat meningkatkan kesajahteraan masyarakat dan menjadi nilai tambah karet kita, yang akan memperbesar ekonomi nasional dan daerah, serta meningkatkan infrastruktur jalan,” ucapnya.

Sementara itu, Amir Sakib mengatakan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Tanjabbar membutuhkan biaya besar karena daerahnya berlahan gambut. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menjadi sektor uji coba aspal karet di tanah gambut.

“Kalau ada uji coba daerah gambut yang menggunakan aspal karet, kami akan studi banding coba kesana” ujar Amir.

Selain uji coba aspal karet, menurut Amir juga perlu di buat suatu regulasi yang mampu mengatur secara teknis agar jalan terpelihara dan awet.

“Perlu juga kita buat aturan. Berat beban yang melalui jalan tersebut jangan sampai melebihi tonase yang dapat merusak jalan,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi