Beranda Akses Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 Dirilis, Ini Jadwalnya

Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 Dirilis, Ini Jadwalnya

JAKARTA, AksesNews – Bagi Anda yang ingin mencoba kesempatan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini, ada baiknya untuk mempersiapkan diri. Karena sebentar lagi Pemerintah resmi mengumumkan Tanggal Pendaftarannya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan pembukaan penerimaan CPNS bisa berlangsung pada Juli 2018 jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah menyelesaikan formasi penerimaan CPNS.

BACA JUGA: Penerimaan CPNS 2018 Segera Dibuka, Ini Syarat yang Harus Disiapkan

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengatakan, Pemerintah akan membuka penerimaan CPNS setelah pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

“Kemungkinan besar penerimaan CPNS 2018 dibuka Juli 2018. Mudah-mudahan saja, jika Pak Menteri PANRB sudah oke, formasi sudah ada, daerah dan kementerian atau lembaga dapat berapa formasinya,” kata Mohammad Ridwan seperti yang dikutip dari Liputan6.com, Jumat (22/06) kemarin.

Seperti yang dinantikan selama ini, akhirnya ada rilis resmi alur pendaftaran CPNS 2018 dari Menpan. Di akhir bulan Mei 2018 ini akhirnya Menpan RB rilis jadwal dan tanggal resmi pendaftaran seleksi CPNS 2018.

Untuk info selengkapnya bisa cermati gambar berikut ini.

Prosesnya mulai dari minggu ke-3 di bulan Mei untuk validasi usul kebutuhan CPNS dari daerah dan kemudian pengumuman formasi akan dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2018, dilanjutkan dengan pendaftaran online di bulan Juli sesudah Pilkada.

Pelaksanaan seleksi Juli sampai September. Pengumuman kelulusan akhir Agustus sampai September. Terakhir pemberkasan Oktober. Mayoritas formasi yang akan dibuka pada seleksi CPNS kali ini adalah formasi daerah.

Terkait jumlah formasi yang dibuka, Ridwan menyatakan hal tersebut juga masih dalam tahap perhitungan. Namun diperkirakan berkisar pada angka 200.000 formasi. “(Jumlah) Belum, tapi Pak Menpan beberapa kali bilang antara 200.000 sampai 250.000 CPNS,” pungkasnya.

SUMBER: Liputan6

DRadio 104,3 FM Jambi