Beranda Akses Penerimaan CPNS 2018 Segera Dibuka, Ini Syarat yang Harus Disiapkan

Penerimaan CPNS 2018 Segera Dibuka, Ini Syarat yang Harus Disiapkan

JAKARTA, AksesNews – Tahapan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) gelombang ketiga kembali akan digelar tahun 2018 ini, penerimaan besar-besaran tersebut dilakukan setelah Moratorium selama 4 tahun terakhir.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memastikan pendaftaran CPNS 2018 Formasi Daerah akan dibuka setelah tahapan Pilkada Serentak 2018 berakhir. Seperti dua gelombang sebelumnya, tahapan seleksi akan dilaksanakan transparan dengan sistem CAT.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, seperti dikutip dari laman bkn.go.id, Selasa (29/05/2018), mengkonfirmasikan bahwa Pemerintah memang berencana membuka penerimaan CPNS tahun 2018 setelah proses Pilkada selesai.

“Mudah-mudahan saja jika Pak Menteri PANRB sudah oke, sekitar akhir Juni atau awal Juli. Untuk formasi sudah ada, daerah dan kementerian atau lembaga dapat berapa formasinya,” kata Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 Dirilis, Ini Jadwalnya

Itu artinya, penerimaan CPNS 2018 Formasi Daerah segera bergulir. Kebutuhan formasi masih digodok Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) disesuaikan dengan anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Untuk diketahui, kabar rencana rekrutmen CPNS oleh pemerintah tahun 2018 ini banyak mencuri perhatian masyarakat khususnya warganet.

Terbukti kata kunci pencarian tentang pendaftaran CPNS 2018 sempat menjadi trending searches pada Google beberapa waktu lalu. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pendaftaran CPNS tahun 2018 dan pastikan Dokumen Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KK Terdaftar.

Sebagai bagian dari persiapan dibukanya pendaftaran CPNS, ada baiknya dari sekarang Anda menyiapkan syarat-syarat umum. Dikutip dari akun resmi twitter BKN, pelamar harus menyiapkan scan atau foto ijazah, transkrip nilai, foto, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan nilai TOEFL jika ada.

“Mimin sampaikan hal2 generik saja. Siapkan pula dok CV, nanti tinggal dicopas ke web SSCN,” tulis akun tersebut.

Selain itu, Anda juga jangan buru-buru mendaftar. Pelamar harus dengan seksama membaca persyaratan untuk jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

“Sambil menunggu pengumuman penerimaan #CPNS2018 resmi dr @kempanrb, pastikan NIK & KK terdaftar di database nasional @ccdukcapil,” tulis admin BKN.

Dokumen yang Harus Disiapkan dari Sekarang, Antara Lain:

  1. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV),
  2. Scan/foto ijazah,
  3. Transkrip nilai,
  4. Foto diri,
  5. KTP,
  6. KK,
  7. Nilai TOEFL (jika ada).

Berkas diatas sebaiknya disiapkan dalam 2 jenis, yakni hard copy dan soft copy. BKN meminta kepada calon pendaftar CPNS agar selektif dalam menerima informasi sebab kini banyak beredar hoaks, termasuk sebelumnya soal formasi.

SUMBER: Liputan6

DRadio 104,3 FM Jambi