Beranda Akses Batanghari Raih SAKIP dengan Predikat Terbaik

Batanghari Raih SAKIP dengan Predikat Terbaik

BATANGHARI, AksesJambi.com – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Untuk mendapatkan hal tersebut, tentu bukan perkara mudah.

“SAKIP itu merupakan suatu sistem rangkaian yang terintegrasi, agar jadi laporan kinerja. Sistemnya mulai dari perencanaan, penyusunan, evaluasi hingga menjadi laporan,” ungkap Inspektur Mukhlis, saat diwawancarai awak media, Jumat (23/04/2021).

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari meraih SAKIP predikat terbaik tiga kali berturut, dari tahun 2017 nilai B, 2018 nilai BB hingga 2019 juga dengan nilai BB, yang tentunya merupakan kerjasama yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tugas inspektorat itu mengevaluasi laporan SKPD dan mereview laporan SAKIP kabupaten, yang akan disampaikan ke Menpan RB. SAKIP itu dibuat oleh tiap SKPD yang terinclud melalui bagian Organisasi Setda Batanghari, sebagai leading sector,” jelasnya.

“Jadi SAKIP itu merupakan indikator atau tolak ukur keberhasilan suatu SKPD, semua bahkan hingga kinerja staff pun ada di dalam SAKIP. Untuk mendapatkan SAKIP itu, semua kepala OPD diwawancarai oleh Kemenpan RB. Jadi bukan hal yang mudah. Semoga kita mampu pertahankan SAKIP ini,” tutur Mukhlis.

Di lain tempat, PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, RM Mulawarmansyah mengatakan, bahwa dia mendatangi langsung ke Kemenpan-RB mewakili Provinsi Jambi sebagai kabupaten kota penerima SAKIP terbaik.

“Kamis 22 April 2021, diserahkan langsung oleh KemenPAN-RB di Jakarta. Setiap Provinsi diwakili oleh dua kabupaten kota. Satu penerima SAKIP terbaik, satu penerima terbaik RB,” ungkap RM Mulawarmansyah, melalui pesan WhatsApp, Sabtu (24/04/2021).

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja dengan baik dan kompak, efektif serta efisien.

“Kita berharap, dan akan terus mengupayakan agar nilai SAKIP dan Reformasi Birokrasi Kabupaten Batanghari senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Dan tentunya dengan nilai SAKIP terbaik di Provinsi Jambi ini, Dana Insentif Daerah (DID) Batanghari lebih signifikan kedepannya,” pungkasnya. (*/ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi