Harimau Berkeliaran di Batanghari, Seekor Sapi Jadi Korban

BATANGHARI, AksesJambi.com – Seekor harimau dikabarkan masuk ke permukiman warga Dusun II, Desa Mekar Sari Ness, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari. Warga melihat kucing besar itu menerkam seekor sapi miliknya sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis (24/03/2022).

Kepala Desa Mekar Sari Ness, Syukur menyampaikan warga yang melihat harimau itu bernama Muhammad Anas (35). Sapi milik Muhammad Anas diterkam harimau.

“Warga mendengar keributan di area kebunnya. Setelah dicek, ternyata sapinya sedang disantap seekor harimau,” katanya.

Ketika mengetahui adanya Anas, harimau langsung lari. Tidak melahap habis mangsanya. Harimau tersebut lari meninggalkan lokasi ke arah ke Kuali Pecah.

Syukur menyampaikan sapi itu berusia 9 bulan. Bagian ekornya habis dilahap harimau tersebut.

“Awalnya harimau itu ingin garap induknya, tapi induknya bisa menghindar. Jadi sapi yang dimangsa anak sapi berusia 9 bulan. Pada bagian belakang sapi habis digigit, sehingga buntutnya sudah tidak ada lagi,” ungkapnya.

Kepala desa itu juga mengatakan pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat agar berhati-hati.

“Saya harap masyarakat menghentikan aktivitasnya untuk pergi ke kebun sementara waktu karena masih menunggu proses dari BKSDA Jambi. Kita sudah melapor,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh menyampaikan pihaknya memantau sekitar lokasi tersebut, serta memasang kamera trap.

Mengenai sapi yang mati, kata Saleh, tim dari BKSDA Jambi memastikan bahwa harimau yang menyerang sapi tersebut.

“Benar ada sapi yang mati. Harimau atau bukan, nanti dipastikan keberadaannya,” ujarnya, Kamis (24/03/2022) sore.

BKSDA Jambi juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di permukiman tersebut. “Sekalian sosialisasi dan mempersiapkan tindak lanjutnya, seperti evakuasi dan lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, jejak kaki yang diduga berasal dari Harimau Sumatera ditemukan di Desa Batin, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Senin (21/03/2022). Penemuan itu berukuran berkisar 12 cm.

Pada tanggal 7 Maret tahun 2022 lalu, warga melaporkan bahwa ditemukan harimau yang menyerang 2 ekor sapi di Desa Lopak Aur, Kabupaten Batanghari. Tim dari BKSDA Jambi sudah memasang kamera untuk melacak harimau yang ditemukan di Desa Lopak Aur.

Kasi Wilayah II BKSDA Jambi, Didi Bangkit Kurniawan mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati. Jangan sampai pergi ke kebun dan ladang sendirian.

“Kita imbau pada masyarakat jika menjumpai satwa tersebut harapan kita langsung melaporkan ke pemerintah, polisi, dan BKSDA Jambi. Supaya dapat bersama-sama menyelamatkan masyarakat dan satwa,” katanya. (Sob/*)