Beranda Akses Kabupaten Mitra Tanoto Foundation Siap Replikasi Program PINTAR

Kabupaten Mitra Tanoto Foundation Siap Replikasi Program PINTAR

JAMBI, AksesNews – Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) yang merupakan salah satu program dari Tanoto Foundation untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan kepemimpinan sekolah, manajemen berbasis sekolah, serta pembelajaran aktif di kelas dan didalam sekolah, akan terus disebarluaskan di sekolah dan lembaga pendidikan yang ada di Provinsi Jambi.

Hal itu disampaikan Wakil Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati, disela Workshop untuk Perencanaan Diseminasi Program Pintar di Provinsi Jambi, yang berlangsung hari ini.

Dikatakannya, program PINTAR dikembangkan di sekolah dan madrasah mitra Tanoto Foundation saja, namun melalui berbagai diseminasi dan kerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti pemerintah daerah dan kementerian agama, diharapkan program PINTAR dapat diaplikasikan dan disebarluaskan ke sekolah ataupun lembaga pendidikan lain di uar sekolah mitra Tanoto Foundation yang ada di Provinsi Jambi.

“Apa yang dilakukan Tanoto Foundation hanya role model atau contoh yang bisa disebarluaskan pemerintah, sekolah, lembaga pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan adalah hal yang besar, tidak bisa hanya Tanoto sendiri. Maka kita beri contoh yang bisa diadopsi pemerintah, lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan,” kata Margaretha Ari Widowati, Kamis (21/03/2019).

Sementara terkait workshop, Margaretha Ari Widowati menjelaskan bahwa Workshop Perencanaan Diseminasi Program Pintar merupakan bentuk pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan program PINTAR yang sudah dilaksanakan pada tahun 2018 lalu di tiga kabupaten di Provinsi Jambi, yaitu Batang Hari, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur, pada akhirnya juga menghasilkan rencana aksi penyebarluasan program.

Sementara itu, dampak positif program PINTAR terhadap peningkatan kualitas pendidikan, diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari Dra. Jamilah. Menurutnya, dengan berbagai sistem yang ada dalam Program PINTAR berdampak terhadap metode pembelajaran yang diterapkan para guru yang semakin bervariatif, kraeatif dan memacu kreatifitas para siswa.

“Banyak perubahan setelah program PINTAR masuk ke Batang Hari, terutama di Kecamatan Muara Bulian dan Kecamatan Pemayung, seperti budaya baca, manajemen sekolah dan pembelajaran aktif,” pungkasnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi