Beranda Akses 3 Kabupaten di Jambi Berlomba-lomba Tingkatkan Kualitas Pendidikan

3 Kabupaten di Jambi Berlomba-lomba Tingkatkan Kualitas Pendidikan

TANJABTIM, AksesJambi.com – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Tanjung Jabung (Tanjabtim), Junaedi Rahmad, menaikkan angka dukungan APBD dari Rp 635 juta menjadi Rp 770 juta. Komitmen 635 juta melalui APBD murni dan sisanya melalui APBD perubahan.

Yang menarik adalah, PAD Tanjabtim relatif tidak besar hanya Rp 28 M untuk membiayai kewenangan Daerah (TK, SD, SMP). Namun, semangat dan komitmen Kadisdik Tanjabtim untuk menghadirkan Pendidikan berkualitas sangat tampak, dan beliau melihat langkah utama adalah peningkatan kualitas guru, kepala sekolah dan pengawas.

Sementara itu, Kadisdik Batanghari, Jamilah, tidak mau kalah juga dari Tanjabtim, beliau mengatakan bahwa Batanghari akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 M. Hal ini diamini oleh Bappeda yang hadir. Selain itu, Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) juga tidak mau kalah, mereka akan mengalokasikan APBD sebesar Rp 236 juta.

LPTK sudah mulai merencanakan diseminasi ke LPTK sekitar (saya ada 3 LPTK yang akan didekati), juga sudah mulai komunikasi dengan Kota Jambi dan Muaro Jambi. Khusus LPMP Jambi, memiliki program bernama ‘Sekolah Inovasi’ dan dibuka ruang diskusi untuk dikerjasamakan dengan program PINTAR.

Kelompok kementrian agama, berkumpul 3 kepala Kementrian Agama (Kemenag) mitra dengan Kabid madrasah dan akan mendiseminasikan program ke Madrasah Mitra dan tidak menutup kemungkinan ke luar kabupaten mitra.

Keberhasilan ini, tidak lepas dari persiapan yang dilakukan oleh Tim Jambi, dalam rangkaian acara yang sangat baik. Peserta sangat aktif memberikan inspirasi, serta menyemangati satu sama lain pada saat diskusi panel.

Peran DC juga sangat terlihat pada saat menjadi pendamping meja, menuntun diskusi dan mengarahkan peserta kelompok untuk mengisi template rencana tindak lanjut yang telah dibuat, dengan memilah diseminasi APBD dan Mandiri. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi