Rawan Longsor, Dampak Aktivitas Galian C Terhadap Lingkungan

KERINCI, AksesJambi.com – Akibat aktivitas galian C yang diduga ilegal yang beroperasi dibeberapa daerah di Kabupaten Kerinci membuat warga sekitar merasa resah dan terganggu akibat dampak dan sebab akibat dari kegiatan aktivitas galian C tersebut.

Salah seorang warga setempat yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa, aktivitas galian C yang ada di desanya sangat menggangu, apalagi musim penghujan bisa mengakibatkan rawannya longsor.

“Iya, kami selaku warga setempat merasa terganggu adanya galian C di desa kami. Apalagi musim penghujan saat ini, takut melintasi jalan yang kami lalui sekitaran galian C, nanti longsor” kata warga.

Lebih lanjut, warga juga mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci dan pihak kepolisian untuk menertibkan aktivitas galian C yang di daerah kabupaten kerinci yang merugikan masyarakat.

Diketahui bahwa, Aktivitas penambangan ilegal di wilayah yang tidak tepat mengakibatkan struktur tanah menjadi labil sehingga mudah terjadinya bencana longsor.

Selain itu, hasil galian yang tidak sesuai dengan aturan pemerintah menyebabkan lubang-lubang besar yang tidak ditimbun kembali dengan tanah saat hujan mengakibatkan banjir.

Apabila tidak dikelola dengan baik, penambangan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan secara keseluruhan dalam bentuk pencemaran air, tanah dan udara.

Secara umum dampak pertambangan terhadap lingkungan adalah penurunan produktivitas lahan, kepadatan tanah bertambah, terjadinya erosi dan sedimentasi, terjadinya gerakan tanah atau longsoran, terganggunya flora dan fauna, terganggunya kesehatan masyarakat serta berdampak terhadap perubahan iklim mikro. (Pro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here