Beranda Akses Sinergi Eksekutif-Legislatif Bantu Tingkatkan Pembangunan Provinsi Jambi

Sinergi Eksekutif-Legislatif Bantu Tingkatkan Pembangunan Provinsi Jambi

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris menerima kunjungan Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat (BKSAP DPR) RI dalam agenda sinergitas dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Senin (24/01/2022).

Al Haris mengharapkan kerjasama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dengan BKSAP DPR RI dapat meningkatkan proses pembangunan di Provinsi Jambi. Selain itu, dalam upaya menjembatani solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi daerah, serta menjadi saluran komunikasi antar parlemen yang efektif dan efisien.

“Kami mengharapkan, kedatangan BKSAP DPR RI berserta rombongan ke Provinsi Jambi dapat lebih meningkatkan kerja sama antar parlemen (Lembaga Legislatif), yakni DPR RI dengan Pemprov Jambi dan juga bersama DPRD Provinsi Jambi dan DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Jambi,” kata Al Haris.

Kerjasama Lembaga Eksekutif dengan Legislatif di Provinsi Jambi sudah berjalan cukup baik dan sinergis, ke depannya Al Haris mengharapkan sinergi ini bisa terus ditingkatkan demi pembangunan dan kemajuan daerah, dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional.

Al Haris mengungkapkan, kedatangan BKSAP DPR RI dapat mendorong dan lebih meningkatkan sinergitas Eksekutif dan Legislatif di Provinsi Jambi, serta sinergitas dengan lembaga-lembaga lainnya, karena kemajuan pembangunan tentunya sangat membutuhkan sinergi yang baik.

“Kami siap menerima masukan-masukan dari BKSAP DPR RI dalam upaya membangun Provinsi Jambi, agar Jambi bisa menggapai lompatan kemajuan dan daya saing seluruh sektor pembangunan, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” ungkap Al Haris.

Dalam melaksanakan program pembangunan, Pemprov Jambi  juga berupaya untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Sebagai penyelenggaraan Pemprov Jambi tentunya mengharapkan ada masukan dan sumbangsih pemikiran dari BKSAP DPR RI.

Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon menyampaikan, sosialisasi Diplomasi Parlemen, SDGs bertujuan untuk memberikan kesempatan yang bersifat terbuka, baik pusat, provinsi, maupun daerah, dengan melibatkan semua pihak, dari pemerintah, parlemen, dan masyarakat pada umumnya.

“Kita sebagai vocal point dalam parlemen dan juga SGDs, selain melakukan sosialisasi, kita juga memberikan kesempatan terbuka sebagai sarana untuk bekerjasama dan menjadi jembatan bagi diplomasi antar masyarakat, diplomasi perguruan tinggi di dalam negeri dengan di luar negeri, termasuk juga pemerintah daerah,” kata Fadli Zon. (Kmf/*)