Kumpulkan Organisasi Pers, Budi Setiawan: Prestasi Olahraga Jambi Tak Lepas dari Peran Pers

JAMBI, AksesNews – Di bawah komando Budi Setiawan selaku Ketum KONI Provinsi Jambi, mampu mengharumkan olahraga Jambi di tingkat nasional. Ini dibuktikan meningkatnya peringkat Provinsi Jambi pada event PON XX/2021 Papua lalu di posisi 18, naik 5 peringkat dari PON XIX/2016 Jabar yakni posisi 23.

Prestasi itu, kata Budi Setiawan, salah satunya tak lepas dari dukungan insan pers Jambi dalam menyampaikan informasi olahraga. Baik berita yang mendorong pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan olahraga, maupun berita motivasi lainnya.

Tak hanya level nasional, atlet Jambi juga mampu berprestasi dan mengharumkan nama Jambi di level regional pada ajang SEA Games di Kamboja lalu. Ini disampaikan Budi Setiawan di acara silaturahmi KONI bersama Organisasi Pers Provinsi Jambi, Sabtu (23/12/2023) pagi.

“Sangat penting untuk informasi-informasi olahraga ke masyarakat Jambi. Tanpa teman-teman pers, informasi-informasi olahraga tidak akan sampai ke masyarakat Jambi terkait prestasi-prestasi yang telah diraih oleh atlet Provinsi Jambi yang sedikit meningkat,” kata Budi.

“Contoh SEA Games Kamboja kemarin, kita sama-sama mengirimkan tujuh atlet terbaik kita. Sumsel tujuh, Sumut tujuh hampir Sumatera itu tujuh, tetapi medali yang paling banyak menyumbangkan itu Provinsi Jambi. Kita juga diapresiasi KONI Pusat, dimana penduduknya sedikit tetapi olahraganya yang cukup baiklah,” tambahnya.

Foto bersama usai Silaturahmi KONI bersama Organisasi Pers Provinsi Jambi 2023.

Bicara prestasi atlet, tegas Budi Setiawan, tidak bisa lepas dari dukungan anggaran pembinaan. Ia pun mencotohkan provinsi lain yang didukung lewat Peraturan Daerah (Perda).

Dengan keberadaan Perda, maka dana pembinaan atlet yang bersumber dari APBD akan berkesinambungan. Tak perduli kepala daerah yang berganti. Belum lagi dukungan dana CSR pihak swasta.

“Provinsi lain sudah ada Perda, ada peraturan bahwa olahraga berapa persen dari APBD mereka, sehingga siapapun Gubernur siapapun Wali Kota mereka, anggarannya tetap ada. Dan juga belum dari CSR-CSR,” ungkapnya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah meninggalkan pekerjaan-pekerjaan untuk hari ini, untuk hadir di KONI Jambi. Dan saya minta masukan saran-saran dari abang-abang semua agar Olahraga Provinsi Jambi lebih baik lagi dan berprestasi lagi menuju PON 2024,” pungkas Budi Setiawan didampingi Sekum KONI provinsi Jambi Muntaz Mona.

Saat sesi tanya jawab yang dipandu staf Humas KONI Jambi, Rosyid, banyak saran dan pertanyaan yang disampaikan para jurnalis. Tampak hadir Kabid Humas Provinsi Jambi, Maskun Sofwan. Salah satu yang dibahas yakni bagaimana meningkatkan prestasi atlet Jambi ke depannya. Diantara organisasi pers yang hadir yakni JMSI Jambi, PWI, IWO, AJI, SMSI dan IJTI. (Bjs/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here