Beranda Akses Al Haris Presentasikan Inovasi Ekonomi dari Dampak Pandemi Covid- 19

Al Haris Presentasikan Inovasi Ekonomi dari Dampak Pandemi Covid- 19

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris mempresentasikan secara virtual Inovasi Mendorong Pemulihan Ekonomi Daerah Dalam Mitigasi Dampak Pandemi Covid- 19 yang disampaikan Dalam rangka penilaian Innovative Government Award (IGA) 2021, Selasa (23/11/2021), bertempat di Rumah Dinas Gubernur.

Acara IGA 2021 dilaksanakan oleh Badan Penelitian & Pengembangan Kementerian Dalam Negeri. Penilaian tahun ini, Gubernur Al Haris masuk sebagai nominasi bersama 6 Gubernur lainnya yaitu Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Jawa Tengah, dan NTB.

Usai presentasi dalam sesi wawancara, Al Haris menyatakan bahwa gelaran penilaian ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pembaruan dalam sistem Indeks Inovasi Daerah.

“Gelaran ini adalah ruang bagi Pemerintah Daerah baik provinsi/kabupaten/kota untuk menyalurkan inovasi-inovasinya, ide-ide kreatifnya dari teman teman di daerah, yang berkolaborasi dan terintegrasi dan bekerja dengan cepat. Tujuan ke depannya adalah, agar nanti kita mendapatkan role model,” jelasnya.

Dijelaskan Al Haris bahwa, capaian inovasi di daerah dapat memperkuat kerja sama antardaerah, sehingga mendorong terciptanya pelayanan publik yang optimal. Selain berkompetisi dalam inovasi, daerah juga perlu membina kerja sama, berkolaborasi, saling mengisi, saling belajar dan mengoptimalkan kekhasan daerah,” ungkapnya.

Selain itu, Al Haris menyampaikan bahwa dengan adanya inovasi akan tercipta budaya kerja yang kreatif dan inovatif. Inovasi bukan tujuan, tapi cara meningkatkan kinerja daerah yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik, dan daya saing daerah.

Dalam presentasinya, Al Haris memaparkan 5 inovasi unggulan Provinsi Jambi yaitu yang menempel melek; manajemen pengolahan limbah menjadi limbah bernilai ekonomi; aplikasi Blanjo.co.id, e-commerce lokal di masa pandemi Covid -19; Dewiku Jelita GWS (Get Well Soon) Covid 19, yaitu desa wisata kolaboratif untuk Jambi ekonomi lokal ikut tertata; Samsat Betandang yaitu pendekatan sinergitas aktif dalam pelayanan pajak ; dan tipes, televisi Informasi Perkoperasian se-Provinsi Jambi. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi