Beranda Akses Musim Penghujan, Basarnas Imbau Masyarakat Jauhi Jalur Perairan

Musim Penghujan, Basarnas Imbau Masyarakat Jauhi Jalur Perairan

JAMBI, AksesNews – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Jambi, Ibnu Haris Al Husai mengimbau masyarakat untuk mengurangi kegiatan di sepanjang jalur perairan wilayah setempat.

“Kami ingatkan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di wilayah sungai dan laut. Jauhi kawasan sungai dan tempat air ini cukup bahaya, air bisa mendadak naik, ” katanya, Sabtu (23/11/2019).

Ibnu Haris mengingatkan perlunya orang tua mengawasi anak-anak jangan sampai bermain di di dekat sungai dan laut untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Kepada nelayan di wilayah perairan Tanjung Jabung kami minta untuk mendaftar ke Basarnas sebelum melaut. Nanti akan kita pasang alat, ini agar kami bisa memantau posisi dan tahu apa yang dilakukan saat terjadi kondisi darurat, “katanya.

Kasi Data dan Informasi BMKG Jambi, Kurnia Ningsih, mengungkapkan hujan dengan intensitas deras akan melanda Jambi dalam kurun waktu satu Minggu kedepan.

“19 sampai 25 November akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras,”katanya.

Kurnia Ningsih menyebut hujan dengan intensitas sedang hingga lebat itu disebabkan karena adanya insklon tropis di Kawasan Filipina yang berdampak hujan di Jambi dan Sumatera lainnya.

“Kawasan filipina bagian selatan yang terjadi tersebut,”ujarnya.

Pontensi hujan lebat akan banyak terjadi pada Desember mendatang terkhusus wilayah barat Jambi. “Wilayah barat lebih banyak dari pada wilayah timur pontensi Hujan nya dengan intensitas lebat dan sedang,” pungkasnya. (Bjs/Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi