Beranda Akses KPU Jambi Tetapkan 3 Paslon, Pengundian Nomor Urut Digelar Besok

KPU Jambi Tetapkan 3 Paslon, Pengundian Nomor Urut Digelar Besok

JAMBI, AksesNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi resmi menetapkan tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di Pilkada Serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Semua berkas dan syarat para bakal calon telah lengkap dan memenuhi syarat. Ketiga pasangan calon yang telah mendaftar dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon,” kata Ketua KPU Provinsi Jambi Subhan, Rabu (23/09/2020).

Berdasarkan rapat pleno, ketiga pasangan yang ditetapkan KPU Jambi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jambi mulai dari Fachrori Umar-Syarif Nursal, Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Al Haris-Abdullah Sani.

Untuk diketahui, pasangan Fachrori Umar dengan Syarif Nursal diusung oleh 4 partai politik dengan jumlah 19 kursi. Parpol tersebut di antaranya Partai Gerindra 7 kursi, Demokrat 7 kursi, PPP 3 kursi dan Hanura 2 kursi.

Untuk pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh diusung 2 partai politik dengan jumlah 16 kursi. Yakni Partai PDI Perjuangan 9 kursi dan Partai Golkar 7 kursi.

Terakhir, pasangan Al Haris-Abdullah Sani yang diusung oleh 3 partai politik yakni PAN 7 kursi, PKS 5 kursi dan PKB 5 kursi, yang memiliki total 17 kursi di DPRD Provinsi Jambi.

“Dengan ini, kami nyatakan semua berkas dan syarat ketiga pasangan calon lengkap dan memenuhi syarat. Sehingga, saat ini sudah sah menjadi calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jambi,” tegasnya.

Setelah penetapan pasangan tersebut, tahapan selanjutnya KPU Provinsi Jambi akan menetapkan nomor urut pasangan calon pada Kamis, 24 September 2020, besok.

“Untuk tahapan berikutnya, adalah pencabutan nomor urut yang akan dilakukan besok. Tetap dengan protokol kesehatan, dan satu Paslon hanya boleh membawa lima orang,” jelasnya.

Selain itu, kata Subhan, sebagai calon Gubernur, ketiga pasangan tersebut sudah dapat memiliki hak-haknya. Salah satunya adalah perlindungan dari pihak kepolisian.

“Kita sudah mengirimkan surat kepada pihak kepolisian, yang mana isinya meminta pihak kepolisian memberikan pengawalan kepada ketiga pasangan calon tersebut,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi