Beranda Akses Alhamdulillah, Sebagian Jambi Diguyur Hujan

Alhamdulillah, Sebagian Jambi Diguyur Hujan

JAMBI, AksesNews – Sejumlah wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi akhirnya mulai turun hujan dengan intensitas sedang hingga deras, sekitar 30 menit, Senin (23/09/2019) siang, pukul 14.00 WIB.

Wilayah yang diguyur hujan antara lain, Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Kecamatan Betara dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur di Kecamatan Geragai dan Mendahara Ulu. Menyusul Kabupaten Batanghari di Kecamatan Pemayung juga turun hujan, sekitar pukul 16.00 WIB, Senin (23/09/2019) sore.

Meski hujan tersebut tak merata disemua kecamatan, namun guyuran hujan hari ini dapat mengurangi sedikit kepekatan kabut asap dan dapat sedikit memadamkan api diwilayah yang terdampak Karhutla.

Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang mulai mengguyur pada Senin siang, sekitar pukul 14.00 WIB, di beberapa kabupaten, Provinsi Jambi.

Khusus di Kabupaten Batanghari, hujan turun di Desa Teluk, Olak Rambahan, Tebing Tinggi dan Selat, kemudian untuk di Kabupaten Tanjung Jabung Barat hujan turun di Desa Pematang Lumut dan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, hujan turun di Kelurahan Pandan Jaya, Desa Kota Baru Lagan dan Pematang Rahim.

Sementara untuk di Kota Jambi masih diselimuti kabut asap hari ini. Kondisi udara di Kota Jambi masih dalam kategori tidak sehat. Data realtime pukul 15.00 WIB tanggal 23 September 2019. Parameter PM 2.5 nilai konsentrasi 452, diatas baku mutu. kategori berbahaya dan nilai ISPU 463 dengan kategori berbahaya.

BACA JUGA: Foto-foto Pemandangan Langit di Kota Jambi yang Berubah Warna

Dalam sebuah video yang beredar, tampak salah seorang Satgas Karhutla berseragam oranye sedang menengadahkan tangan dan mengucapkan syukur dengan kehadiran hujan yang cukup deras. “Alhamdulillah, hujan di Desa Pematang Rahim, lokasi kebakaran hutan dan lahan,” kata petugas Satgas yang merekam video tersebut.

Hujan yang dinanti-nantikan akhirnya mengguyur sebagian wilayah Jambi. Derasnya hujan mampu meredam si jago merah agar tidak semakin meluas. Sementara itu, Pemerintah Pusat dan Provinsi Jambi merencanakan hujan buatan dalam waktu dekat ini, untuk mengatasi Karhutla yang terjadi di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Strategi Fachrori Hilangkan Kabut Asap di Jambi

Kepala Badan pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza mengatakan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) menggandeng TNI AU untuk menerbangkan pesawat Hercules C-130 dalam proses modifikasi cuaca.

“Teknologi modifikasi cuaca akan segera dioperasikan untuk mengatasi Karhutla di Jambi yang saat ini cukup parah. Anda dapat memperoleh informasi viral mengenai langit yang memerah di wilayah itu,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi