Sudirman Sambut Kedatangan Jemaah Haji Jambi asal Batanghari, Bungo & Tebo

JAMBI, AksesNews – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman menyambut kedatangan jemaah haji Provinsi Jambi Kloter BTH 22 asal Kabupaten Batanghari, Bungo dan Tebo, bertempat di Asrama Haji Kota Baru Jambi Minggu (23/07/2023).

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Provinsi Jambi saya mengucapkan selamat datang dan kembali ke tanah air dengan selamat. Semoga Allah ridhoi menjadi haji yang mabrur dan nantinya akan kita lepas kembali ke daerah dan kabupaten masing-masing,” ucap Sudirman.

Dikatakan Sudirman, lebih kurang 40 hari masa perjalanan jemaah haji, tentu sudah rindu dengan keluarga di kampung, hendaknya sikap dan tingkah laku ada perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

“Sikap dan ketauladanan bapak ibu perlu dijaga sebagai motivasi bagi keluarga atau masyarakat sekeliling kita agar mau mengikuti jejak bapak ibu untuk berangkat ketanah suci,” kata Sudirman.

Sudirman menjelaskan, sebagaimana diketahui bahwa tujuan akhir bagi setiap orang yang berhaji adalah meraih keridhaan Allah SWT dengan memperoleh derajat haji yang mabrur, haji yang diterima Allah SWT.

“Akan tetapi, nilai ke mabruran haji itu sendiri akan nampak bagi seseorang setelah pulang berhaji, yaitu ditandai dengan perubahan sikap mental dan amaliyah sehari-hari yang lebih baik dan meningkat dari pada sebelum menunaikan ibadah haji,” tutur Sudirman.

Pada kesempatan tersebut, Sudirman menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua dan seluruh petugas Kloter BTH 22, atas kepemimpinan dan kearifan dalam memberikan pelayanan, bimbingan dan perlindungan terhadap seluruh jemaah pada kloter ini.

“Begitu pula kepada Ketua Regu dan Ketua Rombongan, saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya, atas partisipasi dalam membantu petugas kloter dalam membina kebersamaan, keharmonisan dan kekompakan, baik dalam perjalanan, kegiatan ziarah maupun pelaksanaan ibadahnya,” ujar Sudirman.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi, H. Zoztafia dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan kembali ke tanah air.

“Pada musim haji kali ini memang rata-rata jemaah haji ada yang terserang batuk batuk, tapi itu biasa karena perubahan iklim, nantinya insyaAllah akan sembuh, yang pasti semuanya dalam keadaan sehat-sehat,” ucapnya.

Selain itu, Zoztafia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para petugas haji yang sudah bekerja keras selama ini. Menurutnya, pelaksanaan haji telah berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

“Meskipun saya tidak memantau langsung sampai ke Arab Saudi, akan tetapi saya terus memonitoring penyelenggaraan ibadah haji tahun ini yang alhamdulillah berjalan dengan sangat baik utamanya dalam pelayanan ibadah haji meskipun masih terdapat kekurangan mohon dapat dimaklumi. Insya Allah akan terus kami perbaiki di musim haji selanjutnya,” ujarnya.

(Sapra Wintani/Foto Novriansyah/Video : Said Usman)