Beranda Akses Ikut Saran Pansel, Legislatif Tunggu 2 Nama dari Gubernur

Ikut Saran Pansel, Legislatif Tunggu 2 Nama dari Gubernur

JAMBI, AksesNews – Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston (CB) menanggapi tiga opsi yang diusulkan kepada Legislatif dan menerima saran Panitia Seleksi (Pansel) Calon Wakil Gubernur Jambi sisa jabatan 2019-2021, yakni opsi kedua.

“Tiga pilihan itu menjadi pertimbangan kami kemarin, sebagai pimpinan DPRD mengambil sikap yang no 2, yaitu menyerahkan kepada gubernur untuk kapan mau menyerahkan 2 nama itu kepada DPR, kami tunggu selagi masih ada waktu,” kata Cornelis, Selasa (23/07/2019).

Opsi kedua ini, yakni menyerahkan kepada Gubernur Jambi untuk mengirim 2 nama kepada DPRD. Untuk opsi pertama memperpanjang jadwal pendaftaran calon dengan penentuan jangka waktu dan opsi ketiga yakni, pimpinan menutup panitia pemilihan wakil Gubernur Jambi.

Menurut Cornelis, Pansel dan Tim Ahli telah melakukan kajian hukum yang tepat, dan berdasarkan keputusan dari unsur pimpinan sepakat memilih opsi kedua. Berdasarkan undang-undang, gubernur tidak akan dikenakan sanksi jika tidak mengirimkan 2 nama kepada DPR.

“Tidak ada juga sanksi gubernur, walaupun koalisi sudah menyampaikan kepada gubernur, gubernur tidak menyampaikan kepada DPR itu urusan gubernur, itu udah ranah gubernur, bukan ranah DPR lagi,” jelasnya.

Sebelumnya, Pansel Pemilihan Wakil Gubernur Jambi sisa Jabatan 2019-2021 mengadakan rapat tertutup soal dasar hukum perpanjangan waktu pengajuan nama-nama calon wakil Gubernur Jambi, Senin (22/07/2019) kemarin.

Dari hasil rapat tersebut, Pansel menawarkan 3 opsi yang dimungkinkan oleh dasar hukum kepada Ketua DPRD Provinsi Jambi. Pertama yakni, Pansel menyarankan kepada pimpinan DPRD untuk membuat jadwal ulang.

Selanjutnya, opsi kedua adalah menunggu dari Gubernur Jambi untuk mengirimkan 2 (Dua) nama Cawagub. Opsi ketiga yakni “Tutup” dalam artian Gubernur akan tanpa wakil. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi