Beranda Akses Awas! Jangan Sampai Salah, Ini Dia Link Pendaftaran CPNS 2019

Awas! Jangan Sampai Salah, Ini Dia Link Pendaftaran CPNS 2019

JAKARTA, AksesNews – Berbeda dari pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 lalu dengan menggunakan link sscn.bkn.go.id, kini pendaftaran CPNS tahun 2019 melalui sscasn.bkn.go.id. Jadi, jangan sampai salah nanti dalam mendaftar.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Muhammad Ridwan mengatakan pemerintah sudah memastikan akan menyelenggarakan rekrutmen ASN yang dibuktikan diterbitkannya Surat Menteri PANRB Nomor: B/617/M.SM.01.00/2019 Tentang Pengadaan ASN Tahun 2019.

Namun, ia juga menegaskan mengenai jadwal pasti rekrutmen CPNS 2019, Ridwan mengaku belum tahu hingga detik ini. “Jadi kalau ada yang mengiming-imingi daftar saja tanpa ikut tes atau ikut saja tes dan SK-nya sudah kami siapkan Oktober 2019, itu penipuan. Jadi jangan terperdaya,” tegasnya.

Pemerintah selalu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah memercayai kabar pengumuman penerimaan CPNS 2019. BKN menyarankan agar masyarakat melakukan pengecekan langsung ke website resmi BKN.go.id atau media sosial BKN.

Sebelumnya, BKN telah merilis rincian alokasi formasi kebutuhan Pegawai ASN secara nasional tahun anggaran 2019. Berikut rincian formasi CPNS 2019 Pemerintah Pusat dan Daerah dikutip dari akun official BKN di Instagram @bkngoidofficial:

Dari data tersebut, menunjukkan jumlah alokasi keseluruhan mencapai 254.173 formasi. Berdasarkan pasal 12 tahun 2017 tentang manajemen PNS menyebutkan setiap tahun Menpan RB menetapkan kebutuhan ASN.

“Kemenpan nomor 12 tahun 2019 menyebutkan bahwa tahun ini maksimal paling atas, jumlah yang paling bisa diterima ASN ini adalah 254.173 orang. Terdiri dari jalur CPNS dan dari jalur PPPK,” jelasnya.

Kendati demikian, Ridwan mengatakan, jumlah detail kebutuhan ASN tersebut membutuhkan usulan penambahan pegawai dari lembaga-lembaga di daerah-daerah.

“Jadi itu yang 254.173, atas dasar masukan dari menteri keuangan dan pertimbangan teknis kepala BKN. Tapi apa dapat berapa, bagaimana dan jabatan apa saja, itu yang masih harus menunggu usulan dari daerah,” tambahnya.

BACA JUGA: Ratusan ASN Pensiun, Pemprov Jambi Usulkan 350 Formasi CPNS 2019

Pemkab Tanjabbar Masih Kaji Kuota Penerimaan CPNS dan PPPK 2019

Untuk diketahui, saat ini pemerintah pusat dan daerah masih melakukan input usulan formasi melalui aplikasi e-formasi yang ditujukan kepada MenpanRB dan ditembuskan ke BKN. Usulan formasi tersebut harus berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja, rasio jumlah PNS dengan penduduk di daerah tersebut.

BKN akan memberikan pertimbangan teknis terhadap usulan instansi dan MenpanRB yang akan mengeluarkan formasinya. Jika formasi sudah ada, kemudian akan melalui tahapan pengumuman terbuka ke publik akan ada penerimaan ASN baik CPNS ataupun PPPK.

“Setiap instansi wajib menyampikan kepada publik mengenai pengumuman rekrutmen ASN. Hal ini sudah diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS,” pungkasnya.

Akses Juga Informasi Terkait CPNS 2019, klik disini

Artikel ini telah tayang di TribunNews.com dengan judul “Penjelasan Resmi BKN: Link Baru Pendaftaran CPNS 2019 di sscasn.bkn.go.idIngat Bukan Lagi sscn.bkn”

DRadio 104,3 FM Jambi