Pesan Edi Purwanto ke Generasi Muda: Tetap Jaga Identitas & Jati Diri Bangsa

JAMBI, AksesNews – Malam Minggu (20/05/2023) kemarin, menjadi malam spesial bagi pengunjung Foresthree Coffee Bungo. Pasalnya, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto secara mendadak mengunjungi kafe yang yang menjadi salah satu tempat tongkrongan favorit kawula muda Bungo tersebut.

Layaknya pengunjung kafe kebanyakan, dengan gaya kasual Edi dan rombongan memasuki kafe dan memesan menu. Diiringi lantunan musik dan lagu dari live band, suasana cafe pun berjalan normal seperti biasa.

Sekitar satu jam kemudian, MC mempersilahkan Edi untuk menyumbangkan satu tembang lagu. Edi pun maju ke panggung.

“Kebetulan saya sedang ada kegiatan di Bungo, tadi kami melintas, lihat ada rame-rame, kami mampir, ternyata ada anak-anak muda Bungo sedang ngumpul disini,” jelas Edi.

Selanjutnya, Edi menyampaikan bahwa sebagai anak muda calon pemimpin bangsa harus memegang teguh identitas dan jati diri bangsa Indonesia.

Untuk menguji itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini mengajukan kuis berupa 3 pertanyaan kepada para pengunjung, dan bagi yang berhasil menjawab akan mendapatkan hadiah uang tunai.

“Pertanyaan pertama, siapa yang hapal Pancasila, ayo maju, yang bisa saya kasih hadiah,” tantang Edi.

Seorang remaja putri bergegas menuju pentas, melafalkan pancasila dari sila 1 sampai 5 dengan baik. Edi pun menyerahkan beberapa lembar pecahan seratus ribu kepada remaja yang beruntung tersebut.

“Pertanyaan kedua, siapa yang bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya, ayo cepat, cepat, maju ke sini,” teriak Edi.

Kembali seorang remaja putri tampil ke depan. Setelah mengenalkan nama, Edi pun mempersilahkan remaja tersebut menghadap ke tempat duduk pengunjung untuk memimpin lagu Indonesia Raya.

“Ayo semuanya berdiri, kita sama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya,” pinta Edi.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil dinyanyikan dengan baik oleh seluruh pengunjung dipimpin remaja putri tadi. Setelah selesai bernyanyi bersama, Edi pun menyerahkan hadiah yang sama, beberapa lembar pecahan seratus ribu kepada remaja putri tersebut.

“Pertanyaan ketiga, sebutkan 5 nama Presiden Republik Indonesia, dan 5 nama Gubernur Jambi, ayo cepat, maju,” Edi melontarkan pertanyaan terakhir.

Seorang remaja putra bergegas menuju panggung. Namun sayang, keberuntungan belum berpihak kepadanya, remaja putra tersebut cuma mampu menjawab dengan benar 5 nama presiden Republik Indonesia.

“Karena cuma bisa jawab setengah, hadiahnya juga setengah ya,” ucap Edi tertawa sambil menyerahkan beberapa lembar pecahan seratus ribu kepada si remaja.

Sebelum kembali ke mejanya, Edi berpesan kepada pengunjung khususnya para generasi muda untuk tetap menjaga identitas dan jati diri bangsa. Edi juga menyemangati para anak muda untuk percaya diri dan tidak takut untuk bercita-cita tinggi.

Ia mencontohkan dirinya yang berasal dari keluarga sederhana dan biasa-biasa saja, berkat kerja keras dan doa orang tua kini bisa menjadi orang nomor tiga di provinsi Jambi. Sebelum meninggalkan Kafe, Edi menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan para pengunjung kafe. (Mfa/*)