Beranda Akses Keterbatasan Anggaran, Armada Damkar Kota Jambi Tidak Sebanding dengan Jumlah Personel

Keterbatasan Anggaran, Armada Damkar Kota Jambi Tidak Sebanding dengan Jumlah Personel

JAMBI, AksesNews – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Jambi kekurangan armada dan pos untuk beroperasi.

Kabid Ops Damkar Kota Jambi, Rino, mengatakan saat ini Damkar Kota Jambi memiliki 16 unit armada pemadam kebakaran. Jumlah tersebut tidak seimbang dengan jumlah personel Damkar Kota Jambi, yakni sebanyak 170 orang.

“Sekarang ada 16 unit. Dengan jumlah personel sebanyak 170 orang, jauh sekali. Satu unit itu standarnya enam orang,” katanya, Minggu (23/05/2021).

Tidak hanya itu, Damkar Kota Jambi pun mengalami kekurangan pos. Saat ini, dinas tersebut hanya memiliki lima pos yang tersebar di berbagai kecamatan dalam Kota Jambi.

Padahal, setiap kecamatan harus memiliki pos untuk Damkar Kota Jambi, guna merespon cepat peristiwa kebakaran di Kota Jambi.

“Minimal setiap kecamatan harus ada satu pos. Tapi kalau dalam rumusnya, sekian kilometer persegi harus ada satu pos. Mengingat anggaran dana kita terbatas, minimal satu kecamatan sath pos untuk beroperasi,” ujarnya.

Ia pun mengatakan, Damkar Kota Jambi sudah mengajukan penambahan armada dan pos untuk beroperasi.

“Kalau kita maunya ditambah. Tapi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) sanggup atau tidak? Kita maklumi. Tetap kita ajukan, tetapi itu tergantung keuangan daerah,” katanya.

Selain kekurangan armada dan pos, Damkar Kota Jambi juga dihadapkan oleh kondisi sumur hidran yang memprihatinkan. Dari sekitar 75 titik hidran di Kota Jambi, hanya 10 titik yang aliran airnya lancar dan deras. Selebihnya, ada yang alirannya tidak deras dan ada pula yang rusak.

Namun, di tengah keterbatasan itu, Damkar Kota Jambi tetap berhasil menangani peristiwa kebakaran. Setidaknya, dari awal Januari hingga 20 Mei tahun 2021, ada 22 peristiwa kebakaran yang ditangani Damkar Kota Jambi. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi