Beranda Akses LAM Tanjabbar Lantik Kepengurusan Tiga Kecamatan

LAM Tanjabbar Lantik Kepengurusan Tiga Kecamatan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Dalam merealisasikan Peraturan Daerah (Perda) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Nomor 08 tahun 2016, Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi kabupaten Tanjabbar laksanakan konsolidasi serta pelantikan pengurus Badan Musyawarah Adat (BMA) dari tiga kecamatan, yaitu kecamatan Tebing Tinggi, Tungkal Ulu dan Batang Asam untuk masa bhakti 2018-2023. Pelaksanaan ini di lakukan di aula kantor camat Tebing Tinggi pada Sabtu 21 Desember 2018.

Kasi Adat dan Istiadat, Maryani mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian konsolidasi Badan Musyawarah Adat kecamatan ke lembaga adat desa diwilayah masing-masing dan pelantikan dari 3 kecamatan yang dipusatkan di kecamatan tebing tinggi.

“Selain melaksanakan isi Perda nomor 08 tahun 2016, kegiatan ini juga demi menggiatkan kebudayaan dan adat yang ada di kecamatan Tebing Tinggi, Tungkal Ulu serta Batang Asam,” pungkas Maryani.

Sementara itu, selain mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik, Ketua LAM Tanjabbar, M. Yusuf juga mengatakan agar pengurus mampu menjalankan roda organisasi dengan baik dan selalu mengabdi kepada masyarakat.

“Pengurus Badan Musyawarah Adat kecamatan yang terdiri dari pembina, penasehat dan pengurus harian, harus bersama-sama. Ibarat tiga tali, sejalan menyelesaikan masalah-masalah adat, membangun hubungan yang harmonis, mesra, sinergis dan berkembang, seperti laut dengan tebing pada semua elemen masyarakat, pungkas Yusuf.

Yusuf pun berharap, Badan Musyawarah Adat mampu menjadi filter dalam menyongsong kemajuan teknologi di era globalisasi tengah masyarakat dan tetap bangga mengemban budaya dan adat melayu.

“Teknologi seperti pisau, bisa menjadi manfaat bisa juga menjadi mudorat. Kita harus bangga dengan budaya dan adat melayu kita yang dulu menguasai Asia Tenggara, sekarang hendaknya terus diberlakukan,” ujar Yusuf. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi