Beranda Akses Nama-nama Hasil Verifikasi Berkas CPNS Kemenag 2018 Beredar, Bocor atau Hoax?

Nama-nama Hasil Verifikasi Berkas CPNS Kemenag 2018 Beredar, Bocor atau Hoax?

JAKARTA, AksesNews – Sejumlah instansi Kementrian telah mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Namun, beberapa instansi juga masih belum mengumumkannya termasuk Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) hingga saat ini, Senin (22/10/2018).

Hal ini membuat para pelamar bertanya-tanya mengenai pengumuman yang tak kunjung dirilis tersebut. Baik laman sscn.bkn.go.id atau di situs resmi kemenag.go.id. Meski demikian, Kemenag telah memberikan informasi tentang alasan penundaan pengumumannya.

BACA JUGA: Pengumuman Seleksi Adminstrasi CPNS Kemenag, Berikut Penjelasannya!

Sementara itu, berkas berformat microsoft excel rekapan hasil verifikasi Kemenag yang berisi nama-nama peserta yang mendaftar dan keterangan lulus atau tidaknya dalam tahapan seleksi administrasi. Padahal pengunguman resmi belum dikeluarkan oleh instansi terkait.

Dalam berkas yang beredar ada nama-nama peserta yang lulus dan tidak lulus, lengkap dengan nomor registrasi hingga status kelulusan dan tanggal hasil verifikasinya. Berikut rekapan hasil verifikasi Kemenag yang beredar dengan judul Kemenag.xls

Beredarnya berkas tersebut, membuat para peserta yang mendaftar pada instansi Kemenag bertanya-tanya. Apakah informasi itu benar (Bocor) atau hanya kabar bohong (Hoax)?

Data seleksi tersebut tidak bisa dipercaya kebenarannya, karena sampai saat ini Kemenag belum mengumumkan hasil seleksi administrasi secara resmi. Informasi tersebut yang diumumkan melalui instagram @kemenag_ri, Saat ini tim verifikator tengah berjibaku menyelesaikan tugas sekaligus penyelarasan data dengan sistem BKN.

BACA JUGA: Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2018 Masih Dalam Proses Verifikasi Berkas

Selain itu, Kemenag juga telah merilis penjelasan terkait keterlambatannya dan penundaan pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2018:

1. Satuan Kerja Kementerian Agama, khususnya dengan jumlah pelamar yang banyak masih melakukan proses verifikasi online melalui SSCN BKN.

2. Daftar nama peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan setelah proses verifikasi online melalui SSCN BKN pada seluruh Satuan Kerja Kementerian Agama dinyatakan selesai.

3. Pengumuman Kelulusan administrasi akan dimumkan secara online melalui situs resmi www.kemenag.go.id dan sscn.bkn.go.id

4. Bagi Eks Tenaga Honorer Kategori II pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah sesuai dengan Surat Menteri Pendayaginaan Aparatur Negara dan RB tentang penundaan pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2018, pelaksanaan seleksi ditunda dan akan diumumkan pelaksanaannya kembali.

5. Kepada seluruh pelamar, agar selalu memantau perkembangan informasi melalui situs resmi sebagaimana dimaksud pada angka 3; dan

6. Kepada seluruh pelamar dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain.

Menurut pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN), hal itu karena Kemenag turut mengandalkan kantor wilayah di masing-masing provinsi sehingga alurnya panjang. Jumlah peserta yang lolos administrasi CPNS Kemenag juga tercatat tinggi.

BKN juga memberi imbauan agar Kemenag segera menyelesaikan perhitungannya. BKN juga optimistis bahwa perhitungan untuk Kemenag akan segera diselesaikan secepatnya, dengan catatan kualitas verifikasi CPNS Kemenag harus tetap dikedepankan.

Pengumuman akan dilaksanakan serentak dari 128 satuan kerja yang membuka formasi di Kemenag. Pengumuman kelulusan ini akan disampaikan melalui website kemenag.go.id dan sscn.bkn.go.id.

Website Resmi Kementerian Agama:
Website: kemenag.go.id
Twitter: @kemenag_ri
Instagram: @kemenag_ri
Fanpage: Kementerian Agama RI
Youtube: Kemenag RI

(Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi