Beranda Akses Gelar Seminar, LPKNI Harapkan Konsumen Cerdas dan Kritis di Era Digital

Gelar Seminar, LPKNI Harapkan Konsumen Cerdas dan Kritis di Era Digital

KOTAJAMBI, AksesNews – Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) sukses menggelar Seminar bertajuk Konsumen Cerdas Era Digital di Kota Jambi, yang digelar di Hotel Cosmo di Kawasan Jambi Selatan, Kota Jambi, Senin (22/10/2018).

Dalam sambutan, Ketua Umum LPKNI Kurniadi Hidayat mengatakan, seminar perlindungan konsumen digelar selama satu hari, bekerjasama dengan Kesbangpol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, ada 4 Sesi yang dikupas dalam seminar tersebut.

Sesi pertama, diisi oleh Kepala Kesbangpol Pemprov Jambi Asnawi AB dengan materi tentang implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sesi kedua, tentang perdagangan digital dalam prespektif perlindungan konsumen sebagai narasumber dari Dinas Perdagangan.

Sesi ketiga di isi langsung oleh Kurniadi Hidayat materi tentang peranan Lembaga Perlindungan Konsumen dalam mengedukasi masyarakat.

Sesi terakhir, materi diisi oleh pihak Kesbangpol tentang penguatan kelembagaan dan SDM Ormas untuk mewujudkan peran dalam pembangunan.

“Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung sukses. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kesbangpol Provinsi Jambi yang telah membantu kami, sehingga terlaksana dan Kami merasa bangga. Karena LPKNI salah satu Ormas yang terpilih menjadi mitra Kesbangpol Provinsi Jambi,” kata Kurniadi.

Selain itu, Kurniadi juga merasa puas dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman kepada peserta seminar dengan harapan semakin banyak masyarakat menjadi Konsumen yang Cerdas dan Kritis. “Kita peduli terhadap sesama untuk membantu konsumen yang dirampas oleh pelaku usaha,” tegasnya.

Dalam seminar tersebut, mengundang sebanyak 60 orang Pejabat Penting dari unsur Pemprov dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi serta jajarannya, Lembaga/instansi terkait, dan pihak Swasta lainnya. Namun, Kurniadi tak mempersoalkan dengan adanya peserta undangan yang tak hadir.

“Kami memakluminya, karena acara ini dilaksanakan pada hari Senin, dimana biasanya hari Senin setiap instansi Pemerintahan sibuk dengan kegiatan masing-masing. Namun, banyak juga dari peserta undangan yang datang bukan satu orang, tapi rata-rata membawa teman mereka sehingga kursi peserta yang telah dipersiapkan tetap terisi penuh,” jelas Kurniadi.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Pemprov Jambi Asnawi AB mengapresiasi seminar antara LPKNI dan Kesbangpol di Jambi dalam mencerdaskan konsumen di Indonesia. Asnawi menyambut baik dengan berpusatnya kantor LPKNI di Jambi.

“Kami mengapresiasi dengan adanya LPKNI se-Indonesia yang berpusat di Jambi ini. Karena dengan adanya lembaga ini, kita harus memberikan contoh kepada daerah-daerah lain dan kami berharap LPKNI tetap eksis dan terus bekerja untuk masyarakat,” pungkasnya. (Syahrul)