Beranda Akses Video Viral Langit Merah di Jambi, Apakah Efek Kamera?

Video Viral Langit Merah di Jambi, Apakah Efek Kamera?

JAMBI, AksesNews – Keluhan terkait kabut asap dan kondisi udara di Jambi belum berakhir. Hingga saat ini, masyarakat masih terus mengeluh dampak dari kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) tersebut. Belum lagi masyarakat juga dihebohkan dengan langit yang berwarna merah, Sabtu (21/09/2019) kemarin.

Fenomena langit berwarna merah di Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi menjadi viral. Sebelum langit berwarna merah, pagi sekitar pukul 09.00 WIB, masih berwarna kekuningan. Langit mulai memerah sekitar pukul 11.00 WIB, dari siang hari hingga sore hari. Salah satu videonya diunggah oleh akun instagram @kabarkampungkito pada Sabtu sore.

Benarkah Langit Jambi Berwarna Merah Efek Kamera?

Warganet murka, saat ada yang menyebutkan, bahwa bencana asap di Jambi itu hoaks dan efek kamera. Warganet menyoroti soal pernyataan tersebut, bagi mereka yang tak percaya fenomena langit merah di Kumpeh, Muaro Jambi ditantang langsung ke lokasi tersebut untuk membuktikannya.

Akun @auliaa171: suruh Iangsung ke kumpeh aja, mana tau mereka gak bisa nafas karena mengirup asap. @aaqueni: Main ke Jambi sini. @ikafbryni21: Sini yuk main ke Jambi, apalagi di bagian kumpeh, mungkin udara yang nyata berwarna merah jingga kuning itu dibilangnya filter Instagram. @timur_ftner: suruh orangnya ke kumpeh besok biar dia melihat sendiri. Aku bayarin ongkosnya.

BACA JUGA: Penjelasan BMKG Terkait Fenomena Langit Merah di Jambi

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, Addi Setiadi menilai, bahwa fenomena langit berwarna merah tersebut karena sinar matahari yang tak sampai ke permukaan bumi, sehingga membuat langit tampak menguning hingga berwarna merah.

Berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Terra & Aqua) dan Suomi NPP (Tingkat Kepercayaan >50%), tanggal 20 September 2019 pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB tanggal 21 September 2019 di Wilayah Provinsi Jambi terdapat 203 hotspot

Sebaran 203 titik panas tersebut, meliputi kabupaten Muaro Jambi 177 titik panas, tertinggi dari tiga kabupaten lainnya. Kabupaten Sarolangun 3 titik panas, Tanjung Jabung Timur 22 titik panas dan Kabupaten Tebo 1 titik panas.

Alasan di Balik Warna-warni Langit

Sebenarnya, apa yang membuat warna langit berubah-ubah. Ternyata, warna langit ini juga tergantung pada musim dan kondisi udaranya. Warna langit juga dipengaruhi oleh adanya hal lain, seperti yang terjadi baru-baru ini di Jambi.

Udara bersih juga merupakan rahasia dibalik warna langit. Misalnya, saat kondisi cuaca cerah warga langit akan berwarna biru, dan saat kabut asap melanda maka warna langit akan berwarna putih.

Namun, saat asap mulai pekat akibat kebakaran lahan dan hutan (Karhutla), maka langit akan berwarna kekuningan. Jika bagian atmosfer terhalang, debu dan polusi terperangkap diawan dan kondisi udara tak lagi sehat, maka langit berwarna oranye.

Saat sinar matahari yang tak bisa menembus awan hingga ke bumi, langit akan berwarna merah. Saat terbang dengan pesawat, pada ketinggian tertentu kita akan melihat warna langit yang sebenarnya. Saat malam hari, langit tentu akan berwarna hitam dengan tenggelamnya matahari. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi