Beranda Akses Merasa Ditipu Muslim, SAD Serahkan 10 Senjata Rakitan SMB

Merasa Ditipu Muslim, SAD Serahkan 10 Senjata Rakitan SMB

BATANGHARI, AksesJambi.com – Merasa tertipu, kelompok Suku Anak Dalam (SAD) mulai menyerahkan senjata api rakitan (kecepek, red) kepada polisi, yang selama ini mereka gunakan untuk menjaga lahan.

Sedikitnya ada 10 pucuk kecepek yang diserahkan kepada anggota Polres Batanghari. Penyerahan ini berlangsung di Mapolres Batanghari, sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu (21/07/2019) kemarin.

Kapolres Batanghari AKBP Moh Santoso mengatakan 10 pucuk kecepek diperoleh dari kelompok SAD Marahman (Temenggung Lidah Pembangun) yang berjumlah 50 orang.

“Kelompok ini turut serta menduduki lahan Konsesi PT WKS, Jalan Poros 800 Blok 473,” kata Santoso dalam konferensi persnya, di Mapolres Batanghari, Senin (22/07/2019).

Menurutnya, Kelompok SAD Marahman tergabung kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) pimpinan Muslim. Mereka bergabung sejak 7 (tujuh) bulan lalu.

“Alasan SAD menyerahkan kecepek, karena mereka merasa tertipu dengan kegiatan yang dilakukan Muslim,” ungkap Santoso.

Sebelumnya, lanjut Santoso, saat melakukan patroli bersama petugas TNI dan Security PT WKS, petugas menemukan 2 orang SAD yang kemudian menunjukkan kepada tim keamanan 10 senjata rakitan.

“Setelah diinterogasi, pendataan dan pembinaan, mereka dikembalikan ke habitatnya dalam wilayah Muara Kilis, Kabupaten Tebo,” jelasnya.

Selain itu, Santoso juga menjelaskan, setelah dapat bersosialisasi dan diberi pengertian, akhirnya kelompok SAD sadar mereka sudah ditipu oleh Muslim. Lalu mereka dengan sadar dan sukarela menyerahkan senjata kepada pihak keamanan.

Sebelum bergabung dengan kelompok SMB pimpinan Muslim, senjata kecepek digunakan SAD untuk berburu. Setelah bergabung, mereka diperintahkan Muslim sebagai keamanan dan menakuti pihak lain.

“Tujuan ini dilakukan agar mereka tetap eksis melakukan kegiatan di Distrik VIII PT WKS. Karena kegiatan operasi pengamanan masih terus berjalan hingga saat ini,” pungkasnya. (Fer)

DRadio 104,3 FM Jambi