Beranda Akses BKN: Pemerintah Belum Putuskan Kapan dan Berapa Jumlah Formasi CPNS 2019

BKN: Pemerintah Belum Putuskan Kapan dan Berapa Jumlah Formasi CPNS 2019

JAKARTA, AksesNews – Dalam beberapa hari ini, ada banyak ditemukannya dokumen penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 oleh masyarakat. Dokumen tersebut bahkan sempat viral di Media Sosial (Medsos) seperti Twitter maupun Facebook.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Muhammad Ridwan mengatakan bahkan dokumen yang beredar dengan menggunakan nama BKN dipastikan palsu.

“Sampai saat ini, pemerintah belum memutuskan kapan dan berapa jumlah formasi dari CPNS 2019. Hingga saat ini juga, Panselnas belum menerima arahan tentang CPNS 2019,” kata Muhammad Ridwan, Jumat (21/06/2019) kemarin.

Selain itu, ia mengatakan, berdasarkan pasal 12 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) menyebutkan setiap tahun Menpan RB menetapkan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Berdasarkan peraturan KemenPAN-RB nomor 12 tahun 2019, jumlah penerimaan ASN tahun ini sebanyak 254.173 orang, atas dasar masukan dari menteri keuangan dan pertimbangan teknis kepala BKN.

“Kemenpan nomor 12 tahun 2019 menyebutkan bahwa tahun ini maksimal paling atas, jumlah yang paling bisa diterima ASN ini adalah 254.173 orang. Terdiri dari jalur CPNS dan dari jalur PPPK,” jelasnya.

Untuk penerimaan CPNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan diumumkan langsung oleh pemerintah. Pengumuman biasanya melalui website resmi BKN.go.id atau media sosial BKN.

Menurutnya, jumlah detail kebutuhan ASN tersebut membutuhkan usulan penambahan pegawai dari lembaga-lembaga di daerah-daerah. Jadi itu yang 254.173, atas dasar masukan dari menteri keuangan dan pertimbangan teknis kepala BKN.

“Tapi dapat berapanya, bagaimana dan jabatan apa saja, itu yang masih harus menunggu usulan dari daerah. Saya mengimbau masyarakat untuk tidak mudah memercayai kabar pengumuman penerimaan CPNS 2019,” harapnya.

Tes CPNS ini juga tidak pernah menjanjikan siapapun untuk lulus. Apalagi sampai meminta uang jaminan dengan iming-iming akan diluluskan menjadi abdi negara.

Artikel ini telah tanyang sebelumnya di okezone.com, dengan judul “Beredar Surat Penerimaan CPNS 2019, BKN: Hoax”

DRadio 104,3 FM Jambi