Beranda Akses DPRD Dorong Pemprov Jambi Wujudkan Lumbung Ketahan Pangan di Desa Talang Duku

DPRD Dorong Pemprov Jambi Wujudkan Lumbung Ketahan Pangan di Desa Talang Duku

MUAROJAMBI, AksesNews – Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Batanghari-Muaro Jambi, Abun Yani dorong kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mondern dalam pemanfaatan 60 Heaktar (HA) Lahan menjadi lumbung ketahanan pangan pagi di Desa Talang Duku Kecamatan Taman Rajo.

Ini disampaikan Abun Yani ketika diundang dalam penutupan kegiatan pelatihan teknologi tepat guna untuk pertanian.”Disini ada 60 H lahan yang bisa menjadi lumbung ketahanan pangan. Artinya butuh perhatian dari Pemkab, Pemprov Jambi,” katanya, di Kantor Desa Talang Duku, Rabu (22/05/2024).

Menurut Abun Yani untuk mewujudkan petani yang modern dengan teknologi harus didorong oleh pemerintah, sebab mustahil terwujud apabila tanpa dukungan dari stakeholder terkait.”Artinya sekarang tinggal kita menyiapkan SDM yang memahami teknologi menjadi petani mondern, kalau ingin hasilnya maksimal,” ujarnya.

Abun Yani juga mengatakan bahwa Desa Talang Duku sangat strategis yang menjadi gerbang tolak ukur perekonomian di Provinsi Jambi. “Gerbang artinya semua ya, mulai dari industri, transportasi air laut dan masuk keluarnya barang lokal maupun ekspor, itu di disini, artinya memang Talang Duku harus diperhatikan sehingga masyarakat bisa menikmati potensi potensi yang ada disini,” tegasnya.

Selain itu, masyarakat Desa Talang Duku juga dapat mengembangkan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Talang Duku dengan mempertahankan mempertahankan kearifan lokal.

“Pelatihan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kapasitas petani ini, diikuti oleh 4 kelompok tani yang melibatkan PPL Kecamatan dan Desa dengan metode pembuatan racun dalan membasmi hama (tikus) dari labu kayu atau bahan alami yang ada disekitaran kita,” kata Kades Talang Duku Muslim.

Seperti diketahui Desa Talang Duku juga merupakan salah satu desa yang pernah mendapat penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Drs Abdul Halim Iskandar pada tahun 2023. Talang Duku dari 17 Desa si Provinsi Jambi diganjar menjadi Desa Mandiri, yang nantinya di 2024 juga kembali menerima penghargaan.

“Kedepan supaya petani di Talang Duku ini lebih menghasilkan lagi seperti tahun tahun 2000 silam, jadi kita disini tidak hanya terkenal sebagai tempat industri nya saja, jadi mohon kerjasamanya kepada semua kelompok tani yang ada disini, jangan setelah pelatihan hanya sebatas hari ini saja, nanti kita lihat gimana gerakannya nanti evaluasi di Desember ya,” tambah Kades.

“Kita juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran nya (Abun Yani-red) ditengah kepadatan jadwal beliau, kita ucapkan selamat kepada beliau yang mana kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi Jambi dan mungkin ado niat lain kedepan untuk membangun Muaro Jambi kita ijabakan, amin amin aminyrabilamain,” harapnya. (Rls/*)