Beranda Akses SKK Migas: Penemuan Gas Terbesar di Indonesia 2 Dekade Terakhir

SKK Migas: Penemuan Gas Terbesar di Indonesia 2 Dekade Terakhir

SUMSEL, AksesNews – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Repsol melalui Sumur Kaliberau Dalam (KBD) 2x, menemukan cadangan gas di Wilayah Kerja Sakakemang, Sumatera Selatan yang masuk dalam 5 besar penemuan cadangan gas dunia tahun 2018-2019.

“Penemuan ini merupakan terbesar keempat di dunia dan terbesar di Indonesia dalam 2 dekade terakhir, yang menjadi pemicu semangat serta optimisme dalam mencari potensi hulu migas yang lain,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Kamis (21/02/2019) kemarin.

Saat ini, proses pengembangan hingga dimulai monetisasi di Wilayah Kerja Sakakemang diharapkan dapat selesai dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. Total cadangan gas yang ditemukan di blok tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Setelah 2 dekade, ini penemuan terbesar nomor 4 setelah Cyrpus, Russia, dan Brazil. KBD 2X, Indonesia,” sebut Dwi dalam konderensi pers di kantor Kementerian ESDM, Kamis (21/02/2019) kemarin.

Dikatakannya, sumur KBD 2x berada sekitar 60 kilometer dari lapangan gas Suban, Sumatera Selatan. Pada waktu pengeborannya, Repsol berhasil mencapai targetnya di kedalaman 2.430 meter measure depth pada awal Februari 2019, sekaligus telah melakukan tes produksi.

Untuk diketahui, Repsol merupakan pemegang status KKKS sejak tahun 2009 dengan fokus di wilayah timur Indonesia. Repsol sempat mengambil Talisman pada tahun 2015. Hingga kini Repsol mengelola empat wilayah kerja eksplorasi yaitu East Jabung, Sakakemang, South East Jambi, dan Andaman 3. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi