Beranda Akses Aktivitas PETI di Merangin Garap Tanah Milik Pemda

Aktivitas PETI di Merangin Garap Tanah Milik Pemda

MERANGIN, AksesJambi.com – Aktivitas Penambang Emas Tampa Izin (PETI) memang tidak pernah berhenti, Kali ini lahan milik Pemerintah Daerah (Pemda) seluas 2.8 Hektar, yang berlokasi di Talang Kawo Bangko habis digarap oleh oknum penambang emas tak bertanggung jawab.

Sebelum dilakukan razia oleh pihak Satpol PP bersama pihak BPKAD Merangin, beberapa bulan yang lalu sudah diberikan peringatan keras oleh pihak Pemkab Merangin. Pekerja PETI sempat berhenti, namun baru-baru ini aktivitas tersebut kembali beroperasi.

Dengan itu, pihak Pengaman Aset BPKAD didampingi puluhan Anggota Satpol PP, dan beberapa Personil Anggota Polsek Bangko, melakukan razia terhadap pelak, Selasa (22/01/2019).

Namun, sangat disayang razia tersebut tidak ditemukan pelaku hanya beberapa sebagian alat yang ditemukan oleh pihak keamanan.

Kepala Komandan Kompi Satpol PP Merangin, Amin mengatakan, awalnya Oknum pelaku PETI sudah diperingatkan oleh pihak BPKAD, tapi mereka tidak mengindahkan peringatan tersebut, dengan itu dilakukan razia.

“Hari ini, kita melakukan razia terhadap Oknum pelaku PETI, yang beroperasi di wilayah sekitar tanah milik Pemda Merangin, pelaku sendiri tidak kita temukan, hanya sebagian alat kita temukan,” ungkap Amin.

Semua alat yang ditemukan oleh petugas dan pihak BPKAD, seperti alat mesin, serta selang kompesor, jeregen kosong dan dua jeregen berisi minyak solar yang sudah disembunyikan, langsung dimusnahkan dengan cara di bakar.

Sementara itu, Plt Kasubid Pengamanan Aset BPKAD Merangin, Heryanto yang ikut turun kelokasi mengatakan, dengan dilakukan razia aktivitas PETI ini kedepan tidak ada lagi pelaku yang beroperasi.

“Kedepannya, saya akan memberikan perlindungan untuk lahan ini, dengan cara membuat tanda berupa portal, dan patok-patok disetiap pebatsan lahan. Untuk upaya hukum saya indikasikan terlebih dahulu kepihak Pemkab,” pungkasnya. (Ds)

DRadio 104,3 FM Jambi