Beranda Akses Olahraga ‘Pickleball’ Ajukan Diri Jadi Anggota KONI

Olahraga ‘Pickleball’ Ajukan Diri Jadi Anggota KONI

JAMBI, AksesNews – Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Jambi (UNJA) menggelar sosialisasi dan pelatihan, di Gedung Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (Porkes) UNJA Mandalo, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dr. Susilo M.Pd.D.Ed, sebagai Dosen FIK Negeri Jakarta (UNJ), merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan Pickleball tepatnya  di Universitas Negeri Jakarta pada 18 April 2019.

Dalam sosialisasi ini, mahasiswa Fakultas Ilmu keolahragaan (FIK) diperkenalkan dengan Olahraga Pickleball. Pickleball merupakan cabang olahraga yang telah ditemukan oleh Barney McCallum dan Joel Prichard pada tahun 1960-an di Bainbridge Island, Washington, Amerika.

Pickleball merupakan olahraga yang terbilang mudah dan menyenangkan sesuai dengan slogan yang dimilikinya “Easy And Fun“. Olahraga ini merupakan gabungan dari Bulutangkis, Tenis Meja dan Tenis Lapangan. Dalam permainan pickleball ini alat pukulnya sama dengan alat pukul tenis meja, hanya saja dalam tenis meja namanya bet dalam pickleball nama pedle.

“Cara bermainnya sama seperti memainkan tenis lapangan yang memiliki net berukuran 91 cm dari tingginya ukuran lapangan. Sedangkan lapangannya sama dengan lapangan bulutangkis, hanya saja garis serangnya kurang mundur 13 cm,” ucap Dr. Susilo.

Menurutnya, tahun 2021 ini harus berusaha masuk untuk menjadi anggota KONI Pusat, dengan ikhtiarnya mengirimkan persyaratan-persyaratan yang diminta oleh KONI Pusat. Setelah sah menjadi Ketua KONI, InsyaAllah PON 2024 Pickleball sudah masuk ekspedisi cabang olahraga dan Jambi punya kesempatan untuk menjadi tuan rumah.

“Ribuan terima kasih tak lupa saya ucapkan kepada bapak Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D. Kemudian Dekan FIKP dan Kaprodi Porkes yang telah menerima kedatangan saya untuk mensosialisasikan cabang olahraga ini,” tutupnya. (Mhs/*)
 
Salam Olahraga

DRadio 104,3 FM Jambi