Beranda Advertorial Pemprov Jambi Beri Bantuan Rehab Rumah Panggung Tua di Sarolangun

Pemprov Jambi Beri Bantuan Rehab Rumah Panggung Tua di Sarolangun

SAROLANGUN, AksesJambi.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memberikan bantuan untuk merehab rumah panggung tua yang diperkirakan berumur 400 tahun di Kampung Muaro Sawah, Kabupaten Sarolangun masing-masing sebesar Rp.17.500.000.

Menurut keterangan Ibu Mistina dan Hj. Nurhuda sebagai pihak keturunan Alm. H. Bakri (Pemilik awal rumah panggung tua) menuturkan keberadaan rumah tua tersebut diperkirakan 400 tahun yang lalu.

“Sudah sangat tua keberadaan rumah ini, terlihat dari bentuk serta bahan (struktur) dan model bangunannya,” ungkap pihak keluarga.

Pemberian bantuan tersebut saat peringatan Hari Bhakti PU ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Sarolangun, Kamis (21/11/2019), yang dimaksudkan Menuju Provinsi Jambi Bebas Kumuh.

Sebelumnya, Gubernur Jambi bersama Bupati Sarolangun Cek Endra dan Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri serta rombongan menyempatkan diri melihat kondisi Rumah Panggung H. M. Saman di Kampung Lubuk yang mendapat bantuan rehab.

“Mendukung terlaksananya program kolaborasi untuk pengurangan kekumuhan dan peningkatan kualitas lingkungan permukiman di Provinsi Jambi sebagai upaya untuk mengasah empati pemangku kepentingan dan pihak yang terlibat melalui program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ungkap Gubernur Jambi.

Perkembangan perumahan dan kawasan permukiman tidak terlepas dari pesatnya laju pertumbuhan penduduk seiring dengan pertumbuhan penduduk. “Kebutuhan akan penyediaan prasarana dan sarana lingkungan permukiman juga semakin meningkat,” tegas Gubernur Jambi.

Sementara itu, Bupati Sarolangun Cek Endra mengakui pelaksanaan kegiatan pengurangan kekumuhan dan peningkatan kualitas lingkungan di Kabupaten Sarolangun merupakan kegiatan yang saat ini menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sarolangun menjadikan Kampung Tematik Kelurahan Dusun Sarolangun.

“Kesempatan jadi tuan rumah yang sangat menggembirakan saat ini kampung tematik kita persiapkan,” kata Cek Endra.

Keberadaan Kampung Tematik menurutnya, merupakan kampung yang bersih serta menjadi kampung yang layak untuk dikunjungi dengan warna dan budaya yang menarik perhatian.

“Sudah dua tahun berjalan, sebelumnya di Kelurahan Pauh Kampung Seberang saat ini Kampung Tematik di Kelurahan Dusun Sarolangun yang memerlukan biaya besar untuk pembuatan turab serta rumah kita upayakan menghadap sungai ini kita kerjakan sebagai penghormatan kepada orang tua yang telah menjaga nilai-nilai keaslian dan itu wajib kita lestarikan,” jelasnya.

Bupati Sarolangun berharap pada Tahun 2020 adanya pembagian tugas dari Pemprov Jambi dan Kabupaten Sarolangun mempercepat terwujudnya Kampung Tematik. “Rumah kita upayakan menghadap sungai, bersih dengan warna yang semarak serta nilai budaya yang kuat,” pungkasnya. (Hms/Bjs)