Beranda Akses Aksi Kampanye #BantuKamiBernafas dengan Bersih-Bersih di Kawasan Wisata

Aksi Kampanye #BantuKamiBernafas dengan Bersih-Bersih di Kawasan Wisata

KOTAJAMBI, AksesNews – Dalam menjaga kebersihan kawasan wisata dan menumbuhkan kepedulian lingkungan kepada masyarakat serta mengurangi resiko dampak kabut asap, sejumlah millenial menggelar aksi bersih-bersih di lokasi wisata Danau Sipin, Kota Jambi, Sabtu (21/09/2019).

Mereka merupakan para pemuda-pemudi yang tergabung dalam, Lembaga Kemanusiaan ACT Jambi, Relawan MRI Jambi (Masyarakat Relawan Indonesia), Duta Genre, Sahabat Ilmu Jambi, dan Komunitas Peduli Danau Sipin.

“Aksi yang kami lakukan hari ini adalah wujud kepeduliaan relawan ACT Jambi terhadap lingkungan. Harapannya Aksi ini dapat menggerakkan masyarakat sekitar untuk aktif berpartisipasi menjaga kebersihan kawasan ini,” Ambo Heriansyah dari Program MRI Jambi.

Kegiatan ini merupakan rangkaian aksi kemanusia sekaligus Kampanye #BantuKamiBernapas untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan objek wisata ditengah bencana kabut asap yang melanda Kota Jambi saat ini.
Noe, MarCom ACT Jambi mengatakan, selain aksi bersih-bersih dan pungut sampah di kawasan wisata tersebut, mereka juga membagikan masker kepada warga di Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, untuk mengantisipasi dampak asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Hari ini Aksi Cepat Tanggap juga menggelar aksi Silent Parade Solidaritas Kabut Asap serentak se-Indonesia. Di Jambi sendiri, kita melakukan campaign #BantuKamiBernapas dengan berbagi masker kepada masyarakat. Aksi Ini untuk mengurangi resiko dampak kabut asap di Jambi serta mengajak masyarakat luas untuk melakukan Aksi Kemanusiaan bersama ACT Jambi,” kata Noe.

Menurutnya, kebanyakan sampah-sampah ini awalnya dibawa dari sungai-sungai kecil yang bermuara ke danau ini. Sampah-sampah di danau Sipin ini, sangat berdampak terhadap kehidupan ikan danau dan juga mempengaruhi mata pencahariaan Warga sekitar Danau Sipin.

Untuk itu, mereka menghimbau agar masyarakat tertib menjaga kebersihan lingkungan jangan membuang sampah ke sungai. Mari bersama lakukan aksi kemanusiaan #BantuKamiBernapas dengan berdonasi Air Purifiers, Oxycan, Masker atau salurkan bantuan terbaik melalui: BNI Syariah # 88 0000 9299 a.n. Aksi Cepat Tanggap. Info : 0741-361-3043 / 0823-4632-5212.

View this post on Instagram

– POSKO KEMANUSIAAN – Selain mempengaruhi jarak pandang, kabut asap juga beresiko menimbulkan gangguan kesehatan, mulai dari Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) hingga Pneumonia. Untuk itu, @act_jambi akan memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan medis kepada masyarakat Jambi dg mendirikan POSKO KEMANUSIAAN. Posko Kemanusiaan dilengkapi dengan SAFE HOUSE (Ruang Sehat Beroksigen) untuk Isolasi penderita ISPA, Pemeriksaan Kesehatan, Aksi Cuci Hidung, serta Edukasi utk melindungi diri dari kabut. Mari bersama lakukan aksi kemanusiaan #BantuKamiBernapas dg berdonasi Air Purifiers, Oxycan, Masker atau salurkan bantuan terbaik melalui : BNI Syariah # 88 0000 9299 a.n. Aksi Cepat Tanggap. Info : 0741-361-3043 / 0823-4632-5212 #actjambi #BantuMerekaBernapas #EmergencyResponse

A post shared by Aksi Cepat Tanggap Jambi (@act_jambi) on

(Bjs)