Beranda Akses Setiap Hari Jambi Diguyur Hujan, Ini Penyebab dan Penjelasan BMKG

Setiap Hari Jambi Diguyur Hujan, Ini Penyebab dan Penjelasan BMKG

JAMBI, AksesNews – Sudah sejak 4 (Empat) hari ini hujan terus turun berturut-turut setiap harinya. Hujan mengguyur beberapa wilayah di Provinsi Jambi mulai Selasa (18/09/2018) sore dan hari ini Jumat (21/09/2018) masih juga turun hujan.

Lantas apa penyebabnya?

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi adanya peningkatan potensi hujan disertai petir disebagian besar wilayah di Indonesia.

Sebelumnya, BMKG telah meliris sejumlah wilayah di indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat dan disertai kilat/petir dan angin kencang dalam periode 3 hari dari tanggal 20 September hingga 22 September 2018.

Ternyata, hal tersebut menurut BMKG saat ini telah memasuki peralihan dari musim kemarau, memasuki musim penghujan. Terdapat 17 Provinsi yang disinyalir megalami potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Diantaranya, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Papua.

Dimana potensi hujan disertai petir terkait adanya Pola Sirkulasi Siklonik di sekitar Laut Cina Selatan dan Atmosfer mengalami peningkatan kelembapan udara yang basah dengan ketinggian sekitar 1500 dan 3000 meter, disertai dengan belokan arah angin.

Dari hal tersebut, perlambatan kecepatan angin pada lapisan bagian bawah (berkisar 1000 meter) yang mengakibatkan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan disejumlah wilayah indonesia yang menyebabkan hujan beberapa hari ini.

Selain itu, BMKG juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti, Banjir, Tanah Longsor, Banjir Bandang, Angin Kencang dan pohon tumbang.

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Sultan Thaha Jambi, Addi Setiadi melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Jambi, Kurnianingsih menyatakan peringatan Dini Cuaca Provinsi Jambi Tanggal 21 September 2018 Jam 07.00 WIB.

“Cuaca hari ini berpotensl terjadi hujan dengan intensita sedang hingga lebat yang dapat disertal petir dan angin kencang pada pukul 07.30 WIB, disejumlah wilayah di Provinsi Jambi. Kondisi ini diprakirakan akan berlangsung hingga pukul 09.00 WIB,” ungkapnya.

Kurnianingsih menyebutkan wilayah tersebut antara lain di Tanjabbar (Kuala Betara, Betara, Tungkal Ulu dan sekitarnya), Tanjatim (Mendahara, Mendahara Ulu, Geragai dan sekitarnya), Muaro Jambi (Sekernan, Maro Sebo dan sekitarnya), Batanghari (Pemayung, Mersam, Maro Sebo Ilir).

(Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi