Beranda Akses Kapolda Jambi Pimpin Apel Siaga Hadapi Ancaman Karhutla

Kapolda Jambi Pimpin Apel Siaga Hadapi Ancaman Karhutla

JAMBI, AksesNews – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar Apel Siaga dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Rabu (21/07/2021).

Langkah ini dilakukan karena saat ini sudah memasuki masa peralihan dari musim hujan ke kemarau dan sekaligus memberikan motivasi, apresiasi dan membakar semangat kepada Personel Satgas Gabungan yang selalu bersiaga memadamkan api di Pos Karhutla serta bantuan sosial kepada warga sekitar.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIk memimpin langsung Apel Siaga Karhutla, yang berlangsung di Desa Betung, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, pada Rabu 21 Juli 2021.

Tampak hadir Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro, Ketua DPRD Muaro Jambi, Kajari, Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja, Dandim 0415 Jambi Kolonel J Hadiyanto, para OPD Lingkup Kabupaten Muaro Jambi, Para Kades Se Kecamatan Kumpeh, anggota BPBD, dan, Manggala Agni, serta masyarakat peduli api.

Dalam Arahannya, Kapolda Jambi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Personel Satgas gabungan Karhutla yang telah bekerja tanpa mengenal lelah sehingga saat ini belum ada terpantau titik api di Desa Betung, Kecamatan Kumpeh ini.

“Kita tahu bahwa di wilayah yang cukup berat degan kondusi yang serba minim tetapi rekan rekan telah melaksanakan dengan baik dan dedikasi yang sangat tinggi. Alhamdulillah, sampai saat ini di daerah ini tidak ada titik api,” ujar Jenderal Bintang Dua tersebut.

“Saya kesini masih dalam suasana Idul Adha, dan saya kesini bersama Ibu Bupati Masnah membawa sedikit bingkisan yaitu Sapi Qurban untuk saudara saudara kita yang berada di Kumpeh ini, semoga bermanfaat,” tambahnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Jajaran Kepolisian Daerah Jambi tersebut menyebutkan bahwa, pihaknya nanti akan meninjau lokasi yang rawan akan titik api yaitu di daerah Seponjen.

“Selama ini kita fokus hanya di kumpeh, yang pekerjaannya sudah hampir 100 persen walaupun sering terjadi kendala karena karakter tanahnya yang labil, akan tetapi kita tidak bisa mengabaikan daerah lainnya,” lanjutnya.

Kita berupaya sangat kuat sangat keras dengan saling bekerja sama dengan unsur terkait dalam upaya penanganan Karhutla.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi titik api selama tahun 2021 dan selanjutnya. Langkah-langkah strategis sudah kita lakukan semoga ini bisa dipertahankan, dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya tetap lestari, ” sambung Kapolda.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga mengimbau kepada seluruh warga betung agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kepada warga desa Betung, saya harap selalu terapkan Prokes Covid-19, semoga warga desa Betung selalu sehat dan tidak ada yang sakit karena lokasinya jauh dari kota. Sebab yang dikhawatirkan adalah ketika orang dari Kota datang ke desa ini, kita harus waspada setiap orang yang datang kesini, setiap gejala yang timbul agar segera dilaporkan kepada kapolsek atau kepada Kapolres untuk segera ditangani,” Imbau Irjen Rachmad.

Selanjutnya, Kapolda bersama Ketua DPRD Jambi dan Bupati Muaro Jambi memberikan bantuan 200 paket sembako kepada masyarakat Desa Betung yang terdampak Covid-19, serta mengecek posko PPKM Desa Betung. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi