Beranda Akses Dispora Jambi Gelar Pelatihan Teknologi Informasi Media Online Pemuda 2023

Dispora Jambi Gelar Pelatihan Teknologi Informasi Media Online Pemuda 2023

JAMBI, AksesNews – Dalam peningkatan perkembangan kapasitas pemuda untuk mempersiapkan regenerasi yang berkualitas, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi menggelar Pelatihan Teknologi Informasi, Media Online Pemuda Provinsi Jambi 2023 bagi pemuda di tingkat Provinsi, bertempat di Hotel Shang Ratu, Selasa (21/06/2023).

Gubernur Jambi, Al Haris melalui Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Husairi dalam sambutannya mengatakan hal ini membuktikan bahwa Pemuda Generasi Muda adalah merupakan salah satu komponen bangsa yang banyak menyimpan potensi sekaligus mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menentukan arah perjalanan bangsa ini ke depan.

Kemudian, berada di era digital, sangat banyak informasi bermunculan dengan cepat, baik melalui media massa maupun melalui media sosial, yang saat ini sangat mudah kita peroleh, terutama melalui smart phone (ponsel cerdas). Sebagian besar, masyarakat memperoleh informasi melalui internet. 

“Tantangan yang kita hadapi akhir-akhir ini adalah, informasi yang beredar bukan hanya informasi dan berita yang benar, tetapi juga berita bohong (hoaks). Kita sama-sama menegaskan bahwa pemerintah dan pers termasuk juga nantinya para pelaku media online harus sama-sama dan bekerja sama untuk menangkal dan memerangi hoaks. Agar masyarakat dan publik tidak memperoleh berita bohong, melainkan berita yang benar, yang dapat mempengaruhi persepsi, respon, dan reaksi masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, melihat dari problema dan tantangan yang dihadapi para pemuda dewasa ini, sangat diperlukan upaya yang sungguh-sungguh terencana dan sistematis dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi bakat dan minat pemuda sehingga mereka mempunyai kepercayaan diri yang kuat, memiliki jati diri, mampu berkarya dan berkreasi, produktif, memiliki daya saing, mampu bekerja sama dan memiliki rasa kepedulian sosial.

“Dalam kegiatan ini, dapat menghasilkan solusi yang tepat untuk meningkatkan peran pemuda terutama dalam menghadapi zaman Era Millenial sekarang. Sehingga, visi-misi Gubernur Jambi dalam menciptakan Jambi MANTAP (Maju-Aman-Nyaman-Tertib-Amanah-Profesional) dapat kita wujudkan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Provinsi Jambi, A Bastari menyampaikan bahwa Pelatihan Teknologi Informasi, Media Online Pemuda Provinsi Jambi 2023 ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari siswa/i SMA, mahasiswa dan organisasi kepemudaan.

“Sesuai dengan tujuan materi konsep pemuda dan tetang kepemudaan dan pengembagan pemuda, melalui teknologi informasi serta keterbukaan informasi konsep media siber dan informasi diharapkan masyarakat, khususnya generasi milenial bisa teredukasi,” pungkasnya. (Wjs/*)