Beranda Akses Berhasil Jaga Stabilitas Harga, Disperindag Provinsi Jambi Terima Penghargaan 

Berhasil Jaga Stabilitas Harga, Disperindag Provinsi Jambi Terima Penghargaan 

JAMBI, AksesNews – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Dinas yang berhasil menjaga stabilisasi harga barang kebutuhan pokok daerah.

Selain Provinsi Jambi, penghargaan ini juga di dapat oleh Kadis Perindag Sumatera Utara dan Kadis Perindag Maluku. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita pada Rapat Koordinasi Nasional Barang Kebutuhan Pokok menjelang puasa dan lebaran 2019/1440 Hijriah di salah satu hotel Bandung, Rabu (20/03/2019) malam.

Dalam Rakor ini, Enggartiasto menjelaskan bahwa Rakornas ini merupakan langkah pemerintah mengindentifikasi kesiapan kementrian atau pembaga terkait, pemerintah daerah dan pelaku usaha dalam menjaga stabilisasi harga barang pokok (Bapok) menjelang puasa dan lebaran.

“Pasokan dan harga Bapok agar tetap terkendali seperti tahun sebelumnya. Di perlukan sinergi langkah dan upaya pemerintah pusat bersama pemerintah daerah serta pelaku usaha pangan,” kata Enggartiasto.

Dirinya juga menyampaikan bahwa inflasi kelompok bahan makanan tahunan pada 2014-2018 cenderung turun, bahkan pada 2017-2018 tingkat inflasi kelompok bahan makan di bawah inflasi nasional. Menurutnya, tidak hanya pada bulan puasa dan hari raya idul fitri, pada percayaan natal dan tahun baru pun bahan pokok kelompok makanan inflainya cendrung turun.

Pada rakornas ini, Mendag juga meluncurkan Sistem Informasi Harga Barang Pokok. Peluncuran sistem ini sebagai bentuk implementasi ekonomi digital. Sistem informasi tersebut terdiri dari fitur info pangan dan lima fitur lainnya. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi