Beranda Akses Hampir 4 Dekade, Arah Kiblat Masjid di Desa Sugoren Melenceng 30 Derajat

Hampir 4 Dekade, Arah Kiblat Masjid di Desa Sugoren Melenceng 30 Derajat

TURKI, AksesNews – Selama hampir empat dekade, Warga Muslim di sebuah Desa di Barat Turki akhirnya baru mengetahui bahwa mereka telah Shalat menghadap arah yang salah. Kesalahan arah kiblat itu disebabkan oleh rancang lantai Masjid dan baru diketahui baru-baru ini.

Imam Isa Kaya memutuskan untuk menyelidiki isu yang menyatakan bahwa para jamaah di Masjid di Desa Sugoren yang dipimpinnya telah Shalat menghadapi ke arah yang salah. Dalam agama Islam, setiap Muslim harus Shalat menghadap ke arah Kiblat di Makkah.

Setelah mengajukan permohonan ke kantor mufti regional, Imam Kaya terkejut saat mengetahui bahwa isu tersebut ternyata benar. Masjid yang dibangun pada 1981 itu ternyata memiliki kesalahan desain yang fatal, karena ceruk di Dinding Masjid yang seharusnya menunjuk ke arah Makkah ternyata melenceng sejauh 30 derajat dari tujuannya.

Pejabat agama setempat telah memberikan solusi sementara untuk masalah ini dengan menggunakan garis putih di Karpet Masjid untuk menunjukkan arah kiblat yang benar.

“Kami telah menjelaskan situasinya kepada jamaah kami dan sebagian besar dari mereka telah bereaksi positif terhadap solusi kami,” demikian disampaikan Imam Kaya sebagaimana dikutip Hurriyet yang dilansir RT, Sabtu (20/10/2018).

Solusi tersebut akan digunakan sementara waktu saat struktur masjid didesain ulang. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi