Meriahkan HUT ke-78 RI, Pemdes Muaro Singoan Gelar Karnaval Kebudayaan

BATANGHARI, AksesJambi.com – Dalam rangkah memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Desa (Pemdes) Muaro Singoan menggelar acara Karnaval Kebudayaan Suku Batin IX ke-II, Minggu (20/08/2023).

Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB, dan titik kumpul/start acara tersebut berada di RT. 01 dengan perbatasan Desa Olak serta finish di RT. 04, tepatnya di Lapangan Sepak Bola King Lion Fc Muaro Singoan.

Berdasarkan pantauan AksesJambi.com, tampak di lapangan ratusan warga sangat berantusias mengikuti acara tersebut mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Kegiatan tersebut mengusung tema “Terkuno, Terlama dan Terheboh”.

Acara nampak meriah karena dihiasi oleh sepeda anak-anak yang dimodifikasi dan ada yang memakai pakaian adat, polisi, baju khas suku Batin IX serta ibu-ibu dan bapak-bapak memakai pakaian kuno sesuai dengan tema tersebut.

Pawai tersebut, memperebuti hadiah berupa uang tunai, kipas angin, dispesnser, kuali dan masih banyak lainnya. Total hadiah yang akan didapat berjumlah puluhan juta rupiah.

Kepala Desa (Kades) Muaro Singoan membuka kegiatan tersebut, Samadani dalam sumbutannya mengatakan tujuan di adakan kegiatan ini untuk memeriahkan HUT ke-78 RI serta menumbuhkan kecintaan masyarakat Desa Muaro Singoan terhadap budaya-budaya yang ada di desa tercinta ini.

“Mari kita sama memeriahkan hari kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif, seperti kegiatan hari ini yaitu dengan ikut memeriahkan Karnaval Kebudayaan Suku Anak Dalam (SAD) Batin IX yang ke-II pada tahun 2023 ini,” ajaknya.

Selain itu, Kades juga berharap semoga acara hari ini berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan harapan kita bersama.

“Saya berharap semoga kegiatan kita pada hari ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses, karena sesudah pawai ini kita akan melaksanakan senam bersama setelah itu kita akan mengundi hadiah, dan sorenya nanti kita akan mengadakan perlombaan seperti panjat pinang, balap karung, makan kerupuk serta masih banyak kegiatan lainnya,” harap Kades.

Masih di tempat yang sama, Ketua BPD Desa Muaro Singoan, Sobri juga mengatakan harapannya semoga kegiatan ini bisa menumbuh kecintaan masyarakat terhadap budaya desa.

“Semoga kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan sukses, serta ke depannya kegiatan seperti ini biasa terus ada,” ucapnya.

Senada dengan Kades dan Ketua BPD Ketua Karang Taruna Bambu Kuning Desa Muaro Singoan, Adam Nasro Thorik juga mengatakan harapannya semoga kegiatan hari ini berjalan lancar dan sukses, serta setiap tahunnya akan diadakan kegiatan seperti ini. (Ag/*)