Beranda Advertorial Sekda: Cintai Lingkungan Agar Terhindar dari Banjir

Sekda: Cintai Lingkungan Agar Terhindar dari Banjir

JAMBI, AksesNews – Dalam Rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan Ikatan Adhyaksa Dharma Karini XIX Tahun 2019, menggelar Penghijauan Gerakan Indonesia Bersih dan Biopori dengan menanam pohon Bulian, Matoa serta jenis lainnya, di Taman Hutan Kota Muhammad Sabki, Kota Jambi, Sabtu (20/07/2019).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto, menyampaikan program kebersihan, penanaman pohon dan biopori sangat baik dilakukan untuk menjaga lingkungan sekitar dan keberlangsungan kehidupan pada masa mendatang yang lebih hijau dan nyaman.

“Kegiatan ini bisa menularkan kepada generasi muda agar mencintai lingkungan agar lingkungan sekitar tetap terjaga dengan baik juga terhindar dari banjir. Jangan nanti menebang pohon atau membakar hutan agar nanti kelestarian lingkungan hidup kita terjaga dengan baik dan pohon membentengi kehidupan,” tegas Sekda.

Turut hadir, Kajati Jambi Hj. Andi Nurwinah pada kesempatan tersebut, menerangkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut memiliki tujuan mengurangi efek rumah kaca termasuk menjadi tempat wisata pengetahuan kedepannya.

“Ternyata tempat menanam ini lokasinya bagus indah sekali untuk kedepannya bisa kita gunakan untuk jogging dan mengharapkan kepada Pemerintah Kota untuk melengkapi sarana prasarana yang ada dan juga mungkin aneka satwa dan burung itu harapan,” kata Hj. Andi Nurwinah.

Kajati Jambi bersama jajaran juga melakukan pembuatan biopori ada di dua tempat selain di Taman Hutan Muhammad Sabki juga ada di komplek kejaksaan, dalam upaya mengurangi banjir di Provinsi Jambi.

Sementara itu, Walikota Jambi Syarif Fasha mengucapkan terimakasih kepada pihak Kejati Jambi yang memilih lokasi Taman Hutan Muhammad Sabki dalam kegiatan penanaman pohon, biopori dan kebersihan lingkungan.

“Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami (Pemkot) bahwa taman hutan kota ini dijadikan salah satu tempat untuk kegiatan hari Bhakti Adhyaksa Dharma Karini untuk menanam pohon dan memang sudah tepat sekali termasuk pembuatan biopori yang memang sangat dibutuhkan di Kota Jambi,” kata Fasha.

Selanjutnya, Walikota Jambi berharap kepada pihak UPTD Taman Hutan Muhammad Sabki untuk menjaga serta merawat pohon-pohon yang ditanam oleh pihak Adhyaksa Kejaksaan tinggi Jambi sehingga akan bermanfaat baik bagi edukasi pada masyarakat dan lain sebagainya.

Menurutnya, terkait Taman Hutan Muhammad Sabki tersebut akan dianggarkan dan akan diperbaiki untuk proses rehab total yang bisa bermanfaat dan dimaksimalkan fungsi dan taman hutan kota tersebut.

“Nanti akan dibuat seperti taman hutan kota di tempat-tempat yang lain karena memang Pemkot Jambi terlebih dahulu konsentrasi ke Danau Sipin tahun depan kita sudah banyak berubah dan kami akan konsentrasi ke taman hutan kota ini,” pungkasnya. (Bahara Jati)