Beranda Akses Tahun Ini, Dinas PUPR Provinsi Jambi Targetkan 30 Persen Jalan Rusak Diperbaiki

Tahun Ini, Dinas PUPR Provinsi Jambi Targetkan 30 Persen Jalan Rusak Diperbaiki

JAMBI, AksesNews – Sepanjang 138 km jalan di Provinsi Jambi dan hampir 30 persen diantaranya mengalami rusak berat. Terutama tiga jalan yang akan diprioritaskan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi.

Tiga jalan tersebut, yakni jalan Suak Kandis di Muaro Jambi, Sabak Rasau (Tanjabtim) dan Batangasai (Sarolangun).

“Jalan Suak Kandis, Sabak Rasau dan Batangasai ini tiga PR berat, dan menjadi perhatian kita, kita prioritaskan. Dan rusak ringan tetap dilakukan melalui Alkal kita,” kata Kadis PUPR Provinsi Jambi, M.Fauzi, Selasa (18/06/2019).

Menurut Fauzi, dari 30 persen tersebut, pihaknya akan menargetkan minimal setengah dari 30 persen bisa diperbaiki di tahun ini.

“Sekarang proses lelang dan kalau tidak salah ada sebagian sudah selesai tinggal tanda tangan kontrak,” sebutnya.

Untuk jalan Sabak Rasau, total jalan yang akan di perbaiki lebih kurang 6 KM. Mengenai anggarannya yang di kucurkan paling tinggi sekitar 80 Milyar Rupiah.

Anggaran tersebut juga termasuk dengan jalan menuju ke Ujung Jabung Timur. Pihaknya berharap hasil lelang ini memang kontraktor-kontraktor yang mampu dan mempunyai peralatan yang lengkap, ini yang penting dan sangat menentukan.

Terkait kontruksi, yang mana struktur tanah wilayah Tanjab Timur yang merupakan tanah Gambut, Fauzi mengatakan menggunakan rigit beton.

“Ada mungkin yang dasar agregatnya labil, kita menggunakan rigit beton sementara pondasi jalan itu sudah kuat mungkin hanya kita lapis dengan aspal, itu kita mensiasati dari anggaran yang tersedia,” pungkasnya. (Bahara Jati/Alpin)