Beranda Akses Jalani Tes Assesment, Enam Pejabat Calon Sekda Tanjabbar Bersaing

Jalani Tes Assesment, Enam Pejabat Calon Sekda Tanjabbar Bersaing

TANJABBAR, AksesJambi.com – Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, 6 (enam) pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) bersaing untuk mendapatkan posisi Sekretaris Daerah (Sekda), yang mengikuti seleksi tahap kedua.

Enam pejabat yang mengikuti tes kompetensi manajerial (Assesment), antara lain Agus Sanusi jabatan sebagai Sekretaris DPRD Tanjabbar, Encep Jarkasih jabatan sebagai Kepala BKPSDM Tanjabbar, Sarifuddin jabatan sebagai Kepala Dinsos Tanjabbar.

Selanjutnya, Suparjo jabatan sebagai kepala DLH Tanjabbar, Syamsul Juhari jabatan sebagai Kepala Satpol PP dan Yan Eri jabatan sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu Kabupaten Tanjabbar.

Keenam calon Sekda tersebut, saat ini sedang mengikuti Assesment yang dilaksanakan di Center Puslatbang Pusat Kajian Pengembangan Aparatur Sipil Negara l Lembaga Administrasi Negara (PKP2A I LAN) di Jatinangor, Kamis (20/06/2019).

Bupati Tanjabbar, Safrial yang menghadiri Assesment Manajerial Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Tanjabbar, di Jatinangor, berharap kepada peserta asesmen, untuk dapat mengikuti penilaian potensi dan kompetensi dengan seksama dan sebaik-baiknya.

Menurut Safrial, jabatan pimpinan tinggi merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang progresif, responsif dan partisipatif melalui tugas pelayanan publik tugas pemerintahan dan tugas pembangunan yang diembannya.

“Dalam menjalankan tugasnya, setiap pejabat pimpinan tinggi harus menjamin akuntabilitas jabatan, sesuai dengan jenjangnya masing-masing,” kata Safrial.

Dimatanya, penempatan dan pengangkatan jabatan tinggi sesuai dengan undang undang nomor 5 tahun 2014, tentang aparatur sipil negara, diatur secara khusus melalui seleksi terbuka yang objektif berbasis sistem merit.

Menurutnya, hal itu untuk menjaring pimpinan atau pejabat yang memiliki integritas, kompetensi dan mampu mengelolah segala perbedaan budaya, latar belakang suku dan agama, serta kepentingan elemen bangsa.

“Untuk menghadapi permasalahan di atas dan juga tantangan dinamika globalisasi maka diperlukan Pemimpin yang memiliki integritas dan kompetensi yang tinggi untuk menjalankan perannya,” jelasnya.

Setelah tahapan ini, peserta akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni paparan makalah dan wawancara. Safrial juga berharap semua proses seleksi ini berjalan lancar, sehingga cepat diketahui siapa Sekda yang baru. Karena, Sekda lama, sudah masuk masa pensiun. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi