Beranda Akses Kadis PUPR Jambi Tinjau Pembangunan Akses Jalan Pelabuhan Ujung Jabung

Kadis PUPR Jambi Tinjau Pembangunan Akses Jalan Pelabuhan Ujung Jabung

JAMBI, AksesJambi.com – Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Ir Muhammad Fauzi MT didampingi Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Ir Tetap Sinulingga bersama Pejabat Stakeholder dari Bappeda Provinsi Jambi, Biro Pembangunan Provinsi Jambi, Biro Aset Provinsi Jambi serta pihak Pemerintah Kabupaten Tanjabtim melakukan “Joint Survey” meninjau pembangunan akses jalan Pelabuhan Ujung Jabung, Tanjungjabung Timur, Kamis (18/4/2019).

Kadis PUPR Provinsi Jambi Ir M Fauzi MT, mengatakan, nantinya terdapat beberapa trase jalan baru maupun jalan kabupaten yang saat ini sudah ada akan dibangun. Pembebasan lahannya juga sedang dan sudah dilakukan.

“Kini kami melakukan pematokan 25 meter kiri-kanan dari “center line” untuk badan jalan. Kita juga bekerjasama dengan TNI AD untuk membuka beberapa terase jalan baru dengan cara Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) setelah seluruh lahan untuk terase jalan ini “clear n clean”. Maka peningkatannya nanti akan dibantu oleh Pusat melalui dana APBN,” ujar M Fauzi MT.

Akses jalan menuju lokasi pelabuhan itu rencananya dibangun diluar dari areal Taman Nasional Berbak. Bahkan Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Jambi sudah melakukan peninjauan dan mengambil gambar drone rencana jalur jalan yang akan dibangun.

Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Ir Tetap Sinulingga menambahkan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR akan berkolaborasi dalam mewujudkan pembangunan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung yang sudah dirintis era Gubernur Jambi HBA.

Menurut Tetap Sinulingga, jalan menuju Pelabuhan Ujung Jabung sudah dirintis. Bahkan jalan tersebut jauh dari areal Taman Nasional Berbak.

“Kami sudah melihatnya lokasi dan menelusuri jalur menuju ke Pelabuhan Ujung Jabung. Semua sudah kita dokumentasikan menggunakan drone. Nanti hasilnya akan kita presentasikan di Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan. Sehingga Pemerintah Pusat bisa fokus untuk mewujudkan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung itu,” ujar Tetap Sinulingga. (TAJ)