Beranda Akses Kenduri Adat ‘Depati Gayur’ 2 Desa di Kerinci Sukses Digelar

Kenduri Adat ‘Depati Gayur’ 2 Desa di Kerinci Sukses Digelar

KERINCI, AksesJambi.com – Dua desa dalam wilayah kecamatan keliling danau kabupaten kerinci yaitu desa lempur danau dan desa pancuran bangko menggelar pesta/kenduri adat Depati Gayur serta pengangkatan tokoh adat, depati dan ninik mamak dalam wilayah adat desa lempur danau dan desa pancuran bangko, Senin (20/02/2023).

Acara diselenggarakan begitu meriah, bertujuan untuk menjaga tradisi para leluhur, memperkenalkan kepada masyarakat serta menjaga kelestarian budaya dan kearifan lokal  khususnya di wilayah adat desa pancuran bangko dan desa lempur danau.

Turut hadir dalam acara tersebut ketua PWI Provinsi Jambi H.R. Ridwan Agus. Dpt yang merupakan tokoh masyarakat dari desa lempur danau, kepala desa lempur danau, tokoh adat, tokoh agama, para pemuda, pengunjung dari luar daerah, masyarakat desa sekitar dan warga setempat.

HR. Ridwan Agus. Dpt dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada ninik mamak, depati dan tokoh masyarakat yang di lantik pada hari ini dan berharap kepada ninik mamak dan depati yang baru dilantik agar dapat menjaga persatuan dan kerukunan beragama dalam masyarakat.

“Selamat kepada depati dan ninik mamak yang baru dilantik semoga tugas yang dipercayakan masyarakat bisa dilaksanakan dengan seadil-adilnya dan pertahankan adat dan tradisi kita serta kokohkan persatuan dan kerukunan beragama dalam kehidupan masyarakat desa lempur danau dan pancuran bangko,” ucap ridwan.

Selanjutnya dirinya juga mengatakan desa lempur danau adalah tanah kelahiranya dan dirinya sangat terharu dan berbangga bisa hadir dan berkumpul kembali  ditengah – tengah masyarakat dalam suasana kenduri adat pada tahun ini.

“Saya sangat berbangga bisa hadir ditengah-tengah masyarakt dan keluarga dalam pelaksanaan kenduri adat ini dan berharap semoga tanah kelahiran saya desa lempur danau bisa maju dari desa lain kedepannya,” jelas H.R. Ridwan Agus. Dpt.

Disamping pengukuhan dan pengangkatan tokoh adat, acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan seni beladiri tradisonal pencak silat berbagai tari tradisional diantaranya tari sekapur sirih, tari iyo-iyo, tari rangguk, tari tangguk, tari menanam padi dll.

Disela acara tersebut, Sebagai bentuk kecintaan pada tanah kelahirannya H.R. Ridwan Agus. Dpt memberikan sumbangan uang sebesar sepuluh juta rupiah dan 50 stell baju seragam kepada masyarakat desa lempur danau dan berharap agar dapat dipergunakan sebaik-baiknya. (Pro)