Beranda Akses Tanoto Foundation Dorong Kepala Sekolah Maju melalui Forum KKKS

Tanoto Foundation Dorong Kepala Sekolah Maju melalui Forum KKKS

KOTAJAMBI, AksesNews – Perhatian Tanoto Foundation terhadap dunia pendidikan di Provinsi Jambi terus berlanjut, yakni melalui STEP (School Transition and Empowerment Project). Secara rutin pihak Tanoto Foundation menghadirkan berbagai pelatihan untuk pihak-pihak yang yang langsung bersentuhan dengan sekolah.

Untuk diketahui, STEP merupakan lanjutan program Pelita Pendidikan di Provinsi Jambi yang sudah mulai sejak tahun 2010. Program ini bertujuan untuk membangun kemandirian sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan.

“Terutama untuk mendukung kesiapan sekolah-sekolah yang telah mendapat intervensi Program Pelita Pendidikan (2010-2017) agar semakin mandiri,” kata Rahmat Hidayat Setiawan, Program Manager STEP Tanoto Foundation, ditemui di Rumah Kito Resort, Selasa (19/02/2019) kemarin.

Untuk mendukung pengembangan sekolah yang mandiri dalam peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan, STEP berfokus pada pendekatan melalui penguatan forum KKKS, sebab forum tersebut memiliki akses dan dampak yang signifikan untuk mendukung terselenggaranya pengelolaan pendidikan yang bermutu.

Forum KKKS sangat efektif sebagai wadah peningkatan profesionalitas dan kompetensi kepala sekolah khususnya terkait dengan peran kepala sekolah sebagai EMASLIME (Educator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, Motivator, dan Enterprenurship).

“Forum KKG juga berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi guru khususnya berkaitan dengan peningkatan kompetensi pedagogik dalam mengembangkan pembelajaran aktif dan kontekstual. Tentu saja semua akan terwujud apabila forum KKKS berjalan dengan pengelolaan yang optimal,” jelas Rahmat Hidayat Setiawan.

Provincial Coordinator Tanoto Foundation Provinsi Jambi, Medi Yusva mengatakan untuk mengoptimalkan peran KKKS dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan, STEP akan menyelenggarakan Workshop Penguatan Kapasitas Organisasi KKKS.

“Workshop ini bertujuan untuk memfasilitasi para pengurus KKKS dalam membangun sistem dan pengelolaan yang efektif, efisien, dan berkelanjutan,” kata Medi.

Total peserta yang ikut dalam workshop pengembangan kapasitas kepala sekolah sebanyak 28 peserta. “Sedangkan jumlah SD mitra program STEP di Jambi sebanyak 54 sekolah mitra,” kata Adi Sinaga, District Coordinator Program STEP Provinsi Jambi. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi