Sani: Terimakasih atas Perjuangan Perempuan dalam Membangun Masyarakat & Negara

JAMBI, AksesNews – Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas perjuangan perempuan Indonesia dalam membangun masyarakat dan negara. Pernyataan ini disampaikan Wagub pada acara Peringatan Hari Ibu ke-95 dan HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Tahun 2023, bertempat di Gedung Putih Grand Kemas, Kota Jambi, Selasa (19/12/2023).

Hadir dalam kesempatan ini Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Ketua TP PKK/Ketua Penasihat BKOW Provinsi Jambi Hj. Hesnidar Haris, Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi, Hj. Iin Kurniasih, Kepala Perangkat Daerah terkait, para Ketua DWP Provinsi Jambi Unsur Pelaksana, Ketua Organisasi Perempuan serta para tamu undangan lainnya.

“Pertama-tama, atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, saya menyampaikan selamat Hari Ibu Tahun 2023 kepada seluruh perempuan Indonesia. Peringatan Hari Ibu ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk merayakan perempuan, menghormati dan mengapresiasi segala bentuk perjuangan dan kontribusinya dalam pembangunan masyarakat dan bangsa,” kata Sani.

Sani juga memberikan apresiasi kepada seluruh perempuan Provinsi Jambi, perempuan Indonesia atas peran, dedikasi dan pengabdiannya bagi keluarga, masyarakat, daerah dan bangsa. Diharapkan melalui peringatan Hari Ibu ini tidak sebatas seremonial namun menjadi upaya untuk meningkatkan kepedulian dan mendorong para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Selain itu, besar harapan kita bersama, kegiatan ini pun menjadi daya ungkit untuk mendorong perempuan Provinsi Jambi semakin kuat dan semangat dalam membangun Provinsi Jambi, bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat, sesuai dengan keahlian dan tanggung jawab masing-masing,” harapnya.

Dijelaskan Sani bahwa, semangat peringatan Hari Ibu diharapkan menumbuhkan kesadaran akan peran strategis perempuan dalam pembangunan, sehingga mendorong perempuan Provinsi Jambi agar berani bersuara, berdaya dan berkarya demi kepentingan diri sebagai manusia yang utuh serta masa depan.

Pada kesempatan tersebut, Sani juga menyatakan bahwa keberadaan DWP menjadi salah satu wujud kehadiran para perempuan, para isteri Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya pemberdayaan perempuan serta keluarganya.

“Atas nama masyarakat dan Pemprov Jambi, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-24 DWP Provinsi Jambi. Saya berharap peringatan ulang tahun ini bukan hanya acara seremonial semata, namun dapat dijadikan refleksi, evaluasi, introspeksi agar mampu meningkatkan daya, upaya serta karya demi masyarakat,” ucap Sani.

Selain itu, Sani juga berharap DWP Provinsi Jambi akan terus tumbuh, baik secara internal maupun eksternal dalam menjalankan program kerja organisasi secara konstruktif.

“Dan saya juga berharap, agar DWP Provinsi Jambi dapat mempererat rasa kebersamaan agar dapat selalu berkomitmen dan bekerja sama menyamakan presepsi dalam mencapai tujuan organisasi, yakni sebagai akselerator terwujudnya kesetaraan gender dengan mengambil peranan, bersinergi dengan pemerintah dalam tatanan pembangunan daerah dan nasional,” harapnya.

“Dengan pertambahan usia, saya berharap agar ke depan DWP Provinsi Jambi semakin mampu melaksanakan peningkatan kinerja melalui inovasi dan terobosan yang efektif dan kontributif, khususnya peningkatan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan perempuan,” harap Sani lagi.

Sementara itu sebelumnya, Ketua TP PKK/Ketua Penasihat BKOW Provinsi Jambi Hj. Hesnidar (Hesti) Haris menyatakan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia turut membawa udara kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

“Sembilan puluh lima tahun sudah para perempuan Indonesia yang tergabung dalam berbagai organisasi dan lembaga swadaya masyarakat, baik secara kelompok maupun individu, turut berpartisipasi aktif membangun negeri ini dari berbagai sektor. Kami sungguh berharap agar tidak ada lagi perempuan Indonesia yang tertinggal, baik karena kemiskinan maupun disabilitas, apalagi karena ia perempuan,” ucap Hesti Haris.

Dirinya juga menyampaikan bahwa melalui pendidikan, tidak hanya akan meningkatkan kualitas perempuan itu sebagai individu, melainkan dengan fungsinya dalam keluarga, peran strategis perempuan dapat menjadi agen perubahan untuk mewujudkan masyarakat yang unggul dan berkualitas.

“Pada kesempatan baik ini, saya mengajak seluruh perempuan Provinsi Jambi memanfaatkan berbagai program dan kebijakan pemerintah dan kemajuan teknologi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi diri. Perlindungan bagi perempuan dan pengakuan kesetaraan yang terus digaungkan dan diupayakan oleh pemerintah harus menjadi penyemangat bagi kita kaum perempuan untuk bangkit dan menjadi lebih berdaya, meluaskan wawasan dan meninggikan pekerti, mempersembahkan peranan yang berkualitas, dalam kehidupan personal, keluarga maupun masyarakat dan bangsa,” pungkasnya.

(Maria Yuliana/Foto : Sobirin/Kamera : Said Usman, Reno Setiawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here