Beranda Akses BPS: Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Jambi Naik

BPS: Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Jambi Naik

JAMBI, AksesJambi.com – Bertempat di Aula BPS Provinsi Jambi diselenggarakan, rapat tindak lanjut dari koordinasi Pokja Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Jambi, yang telah diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Direktorat Politik Dalam Negeri Kemendagri pada tanggal 13 Agustus 2018 lalu.

Dalam rapat tersebut, BPS Jambi mencatat angka Indeks Demokrasi di Jambi pada 2017 mencapai 74,12 atau dalam kategori sedang. Angka itu, mengalami kenaikan dibandingkan dengan IDI 2016 yang capaiannya sebesar 68,89. Dimana perubahan angka tersebut, menunjukkan tingkat demokrasi Jambi masih termasuk dalam kategori sedang.

Kepala BPS Jambi, Dadang Hardiawan, menjelaskan capaian IDI Jambi mulai dari 2009 hingga 2017 mengalami fluktuasi. Pada awal mula dihitung pada 2009 capaian IDI hanya sebesar 71,00.

“Angka ini terus mengalami perubahan hingga mencapai momen terendahnya pada tahun 2013 sebesar 64,41 dan kembali berfluktuasi serta pada akhirnya mengalami perubahan tertinggi pada tahun 2017 sebesar 74,12,” jelasnya.

Untuk diketahui, Fluktuasi angka IDI adalah cerminan situasi dinamika demokrasi di Provinsi Jambi. IDI sebagai sebuah alat ukur perkembangan demokrasi yang khas Indonesia memang dirancang untuk sensitif terhadap naik-turunnya kondisi demokrasi.

“Angka IDI 2017 merupakan indeks komposit yang disusun dari nilai tiga aspek yakni aspek Kebebasan Sipil yang bernilai 86,81; aspek hak hak politik yang bernilai 62,08 dan aspek lembaga demokrasi yang bernilai 77,27,” kata Dadang.

Selain itu, Dadang mengatakan, ada sebanyak 30 provinsi yang juga berada dalam kategori sedang dan hal ini mengindikasikan kinerja demokrasi yang cukup merata di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Apresiasi terhadap data BPS diungkapkan oleh H.M Taufik Yasak, S.H., (Perwakilan Ombudsman Jambi). Data BPS bermanfaat untuk mengukur keberhasilan pembangunan. Rakor dilanjutkan dengan Launcing Indeks Demokrasi Indonesia 2017 terkini.

SUMBER: BPS Provinsi Jambi

DRadio 104,3 FM Jambi