Beranda Akses BBS Dampingi HBA Panen Perdana Pisang Cavendis di Ponpes Miftahun Najah

BBS Dampingi HBA Panen Perdana Pisang Cavendis di Ponpes Miftahun Najah

BBS: Pengembangan ekonomi ponpes berbasis keumatan perlu mendapatkan pendampingan.
BBS: Pengembangan ekonomi ponpes berbasis keumatan perlu mendapatkan pendampingan.

MUAROJAMBI, AksesNews – Wakil Bupati Muaro Jambi, Bambang Bayu Suseno (BBS) berkesempatan mendampingi Anggota DPR RI Dapil Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) dalam acara Serap Aspirasi Masyarakat dan bersilaturahmi di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahun Najah, Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (17/07/2021) kemarin.

Wakil Bupati Muaro Jambi, BBS mendapatkan beberapa ide atau gagasan mengenai pemberdayaan ekonomi yang ada di Ponpes, khususnya di Kabupaten Muaro Jambi.

Tercetus ide Agrowisata Religi dari BBS untuk lokasi lahan perkebunan pisang Cavendis yang berada tak jauh dari Ponpes Miftahun Najah atau masih dalam kawasan komplek pondok.

“Sepertinya lahan perkebunan pisang, apalagi pisang Cavendis baru ada di Ponpes ini,” ucap BBS.

Selain itu, BBS pun melanjutkan kalau dirinya akan mencoba membicarakan ide ini dengan pihak terkait di Kabupaten Muaro Jambi.

“Alhamdulillah kalau lihat lokasinya ini (pisang Cavendis), kami akan mencoba melakukan pendampingan dari PPL atau OPD terkait, karena kawasan perkebunan pisang Cavendis ini ke depannya perlu dibuat pemetaannya,” kata BBS.

Pemetaan tersebut, jelas BBS, dalam artian, mulai pendampingan dari segi pengadaan bibit, penanaman, bahkan setelah panen nanti perlu dipikirkan pula pangsa pasarnya.

BBS juga juga sangat mendukung sekali program penguatan ekonomi Ponpes seperti yang ada di Ponpes Miftahun Najah ini, karena selain mampu meningkatkan kemampuan ekonomi Pondok, perkebunan ini juga bisa dikembangkan pula menjadi agrowisata religi.

“Dalam artian, selama ini masyarakat kita berfikir kalau ponpes hanya tempat orang tua menitipkan anaknya saja untuk minimba ilmu. Akan tetapi, bisa jadi kawasan wisata yang di dalamnya terkandung nilai-nilai keislaman secara kaffah,” pungkasnya. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi