Beranda Akses Mengatasnamakan SAD dan Penduduk Lokal, SMB Ternyata Orang Luar

Mengatasnamakan SAD dan Penduduk Lokal, SMB Ternyata Orang Luar

JAMBI, AksesNews – Beredar isu Anggota Serikat Mandiri Batanghari (SMB) adalah dari Suku Anak Dalam (SDA) tidak lah benar. Ketua Tim Terpadu (Timdu) penanganan konflik sosial provinsi Jambi, Sigit mengatakan mengenai SMB yang mengatasnamakan SAD, sebenarnya mereka ditaruh di depan.

“Mereka merekrut dari berbagai tempat SAD untuk ditaruh bagian depan sebagai bumper. Mereka dan anggotanya menyebar ke beberapa daerah,” kata Sigit, Jumat (19/07/2019).

Kapolda Jambi, Irjen.Pol.Muchlis AS mengatakan Asisten 3 Batanghari itu adalah ketua tim Terpadu di Kabupaten, tetapi mereka tidak mau terima untuk kehadirannya dalam melaksanakan tugas.

“Tapi setelah saya pelajari kenapa mereka tidak mau terima tim terpadu Batanghari, karena mereka (SMB) ketahuan dipelopori bukan orang Batanghari. Hampir 80 persen dari luar, dari NTT, Medan, Jawa, lampug, Bengkulu dan dari kabupaten-kabupaten luar lainnya,” jelas Muchlis.

Jadi, menurut Muchlis kalau ada pendataan yang dilakukan oleh Batanghari mereka tidak setuju tidak boleh datang. “Nggak boleh masuk, tidak dapat masuk,” pungkas Muchlis.

Diketahui, Muslim merupakan warga Mesuji Lampung. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi