Beranda Akses Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Kerinci, Bungo dan Tebo Sembuh

Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Kerinci, Bungo dan Tebo Sembuh

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Humas Pemprov Jambi
Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Humas Pemprov Jambi

JAMBI, AksesNews – Berdasarkan catatan Tim Gugus Tugas Penanganan virus Corona (Covid-19) Provinsi Jambi pada Jumat, 19 Juni 2020, kasus positif Corona di tiga daerah Provinsi Jambi seluruhnya telah dinyatakan sembuh.

Ketiga daerah tersebut yakni, Kabupaten Kerinci, Bungo dan Tebo. Masing-masing di Kerinci 1 pasien, Bungo 4 dan Tebo 3 orang, yang secara keseluruhan berjumlah 8 orang di daerah tersebut telah sembuh dari Covid-19.

Meski demikian, bukan berarti ketiga kabupaten tersebut sudah bebas dari virus Corona. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan kembali bertambah jika perilaku masyarakat tidak peduli terhadap anjuran pemerintah.

Selain itu, masih adanya pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) yang tersebar di daerah tersebut. Hanya Kabupaten Tebo saja yang tercacat nihil keduanya, sedangkan Bungo dan Kerinci masih terdapat ODP.

Untuk di Kabupaten Kerinci tercatat 21 ODP dan 0 PDP, sedangkan di Kabupaten Bungo tercatat 6 ODP dan 0 PDP. Sementara itu Kabupaten Tebo sudah tidak ada ODP dan PDP, semuanya tercatat nol alias nihil.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan bahwa, sampai saat ini total positif di Jambi berjumlah 112 kasus, dengan rincian 46 sembuh dan 66 pasien positif masih dirawat.

“Sejauh ini sudah 46 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan masih ada 66 orang lagi yang masih dalam proses perawatan di rumah sakit,” kata Johansyah, Jumat (19/06/2020) sore.

Hari ini, terdapat penambahan pasien positif sebanyak 3 orang yang masing-masing 2 dari Kota Sungai Penuh dan 1 dari Kabupaten Muaro Jambi. Sedangkan pasien sembuh, berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat.

Tambah 3 Positif, 1 Pasien Covid-19 Asal Tanjab Barat Sembuh

Sementara itu juga, kata Johansyah, sebanyak 45 orang masih menunggu hasil uji lab/swab dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI. Untuk PDP berjumlah 36 orang dan ODP 64 orang yang tersebar di wilayah Jambi.

“Terimakasih kami ucapakan kepada Tim Gugus Tugas kabupaten/kota yang telah memotivasi dan merawat pasien hingga sembuh, semoga pasien positif yang masih dirawat semuanya bisa segera sembuh juga,” ucap Johansyah.

Pihaknya tak lupa juga selalu menghimbau kepada masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi anjuran pemerintah. Ada 3 hal yang harus diingat, yakni saat keluar rumah memakai masker, siapkan hand sanitizer dan tisu basah.

“Dengan disiplinan dan kekompakan, kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi