Beranda Akses Untuk Amankan Perbatasan, 450 Prajurit Yonif Raider 142 Latihan Pratugas

Untuk Amankan Perbatasan, 450 Prajurit Yonif Raider 142 Latihan Pratugas

JAMBI, AksesNews – Satuan Tugas (Satgas) Pengaman Perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia (RI) dengan Republic Democratis Timor Leste (RDTL) Yonif Raider 142 yang akan di berangkatkan operasi keperbatasan RDTL dengan Indonesia.

Dalam rangka Pamtas RI-RDTL tersebut, Satgas ini melaksanakan Latihan Pratugas di di Daerah Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari Jambi.

KASDAM II/SWJ, Brigjen.TNI.Syafrial mengatakan, Selama 12 hari Satgas Pamtas Darat RI-RDTL Yonif Raider 142 betul-betul dilatih seperti didarah oprasi yang sebenarnya dan ini sudah didahului dengan peninjauan medan oleh komandan Korem beserta staf dan jajarannya.

“Diharapkan pasukan ini berlatih disini pada saatnya nanti berangkat mereka sudah tidak asing walaupun tempatnya berbeda tetapi penamaan wilayah sudah kita latih seperti di Daerah perbatasan sana,” kata Syafrial ke pada awak media, Rabu (19/06/2019).

Kasdam juga memastikan keberangkatan Satgas ini pada Minggu kedua pada Agustus mendatang dan tugas pokok mereka menjaga daerah perbatasan.

“Ada beberapa tempat perbatasan yang harus dia patroli supaya patok itu tidak pindah, jadi mereka tidak oprasi bertempur disana tetapi menjaga kedaulatan kita dan menjaga pembatasan Negara kita,” ujar Brigjen.TNI Syafrial.

Untuk mengantisipasi kejadian terburuk, Syafrial menjelaskan bahwa selaku prajurit TNI mereka disiapkan untuk dilatih bertempur untuk antisipasti mana kala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka siap untuk bertempur. Apa lagi mereka mempunyanyi kualifikasi Raider.

Satgas yang di kirim akan beroperasi selama Sembilan bulan, dan akan diganti lagi dengan satuan-satuan lain yang ada di Indonesia ini.

“Mereka disiapkan 450 ini dimasukan dalam 21 post masing-masing post itu di Komandani oleh Perwira dan ada juga Bintara,” ucap Brigjen TNI Syafrial. (Syahrul)

DRadio 104,3 FM Jambi